1. Pilih Warna

Bila takut menggunakan warna terang bisa memilih warna netral seperti cokelat, biru tua atau emas. Atau ikuti panduan berikut, untuk mata hijau bisa menggunakan warna ungu tua. Untuk mata cokelat bisa gunakan eyeliner hijau. Sedangkan untuk bola mata hitam cocok dengan eyeliner biru.

2. Base Eyeliner Hitam

Agar warna lebih menonjol gunakan eyeliner hitam sebagai base. Kemudian gunakan eyeliner berawarna di atas eyeliner warna hitam. Sempurnakan mata dengan membentuk alis dan menggunakan maskara hitam untuk mempercantik bulu mata. Maskara hitam akan semakin mempertegas mata.

3. Riasan minimalis

Beberapa makeup artis menyarankan untuk menggunakan warna lembut dan natural khususnya riasan pipi dan bibir. Karena eyeliner berwarna sudah cukup membuat mata tampil lebih kuat. Hal ini juga menghindari kesan riasan tampak berlebihan apalagi untuk acara sehari-hari. Hindari juga tatanan rambut yang terlalu berat dan buat senatural mungkin.

4. Menggunakan Eyeshadow

Eyeliner berwarna bisa menjadi pengganti eyeshadow. Namun, bila ingin tetap menggunakan eyeshadow sebaiknya gunakan eyeshadow terlebih dahulu baru eyeliner berwarna. Cara ini bisa membuat eyeshadow dan eyeliner lebih tahan lama. Perhatikan juga keserasian warna eyeshadow dengan eyeliner. Gunakan warna lebih muda yang senada dengan eyeliner.

5. Warna Eyeliner yang Perlu Dihindari

Tidak semua eyeliner berwarna cocok digunakan. Hindari warna eyeliner kuning, orange dan merah agar tidak membuat sakit mata. Biru, ungu dan hijau bisa menjadi pilihan menarik untuk mengaplikasikan eyeliner berwarna.