source: http://www.justonecookbook.com/mochi-ice-cream/
Kue mochi biasanya berisi kacang yang dicampur dengan gula, namun bagaimanaka jika mochi berisi es krim. Kuliner ini sebenarnya sudah cukup lama populer di Jepang dan sudah banyak penggemarnya. Untuk kamu yang ingin mencoba kuliner yang satu ini, kamu bisa pergi ke resto es krim mungil bernama Mocilla di Grand Indonesia West Mall Lt. 3A ED 1-12 Jakarta atau tempat lain yang berada di kotamu. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba membuatnya sendiri, kamu bisa coba ikuti resep membuat mochi es krim yang dilansir dari justonecookbook.com berikut ini:

Bahan yang diperlukan:

100 gr shiratamako atau 115 gr mochiko (mochiko bisa diganti dengan tepung beras ketan putih biasa)
Shiratamako adalah tepung khusus untuk membuat mochi atau shiratama dango. Sebagai gantinya dapat menggunakan tepung ketan yang ditambah dengan tepung maizena. Takarannya 1 sendok makan tepung maizena untuk 50gr tepung ketan.
Mochiko adalah tepung ketan khusus untuk membuat mochi. Tepung ini dapat diganti dengan tepung ketan putih biasa. Tepung ketan dalam negeri juga tidak kalah kenyal dan elastisnya.
180 ml air
55 gr gula
100 gr tepung kentang atau tepung maizena (piliha salah satu).
Es krim pilihan kamu (kamu bisa pakai es krim rendah lemak).

Cara membuat:

1. Keduk es krim dan letakkan ke dalam kertas cupcake yang sudah terlebih dulu disusun diatas cetakan.
source: http://www.justonecookbook.com/mochi-ice-cream/
2. Masukkan shiratamako atau mochiko atau tepung beras ketan putih dan gula ke dalam mangkuk berukuran sedang dan aduk keduanya bersamaan.
3. Tambahkan air dan aduk sampai merata.
4. Kukus adonan mochi. Caranya: tutupi terlebih dahulu bagian tutup kukusan dengan kain agar uap air tidak turun ke dalam adonan mochi. Kukus adonan mochi selama 15 menit. Di tengah-tengah waktu mengukus adonan, aduk adonan dengan spatula karet. Warna mochi harus berubah dari putih menjadi hampir transparan.
5. Taburi tepung kentang atau tepung maizena diatas meja, kemudian letakkan adonan mochi yang sudah matang diatasnya.
source: http://www.justonecookbook.com/mochi-ice-cream/
6. Untuk menghindari adonan menjadi lengket, taburi lagi tepung diatas mochi. Giling tipis adonan mochi dengan penggiling kue.
source: http://www.justonecookbook.com/mochi-ice-cream/
7. Pindahkan adonan dengan kertas roti ke loyang besar. Dinginkan selama 15 menit.
8. Ambil mochi dari lemari es dan potong 7-8 bulatan dengan cookie cutter. Jadilah bungkus kue mochi. Sisa adonan mochi, masih dapat digulung lagi lalu digiling tipis kemudian dipotong membentuk lingkaran menggunakan cookie cutter.
source: http://www.justonecookbook.com/mochi-ice-cream/
9. Bersihkan kelebihan tepung pada bungkus mochi dengan kuas pastry. Letakkan plastik wrap diatas piring lalu letakkan bungkus mochi diatasnya. Letakkan plastik wrap di atas bungkus mochi yang pertama lalu letakkan bungkus mochi yang kedua diatasnya. Ulangi cara ini hingga bungkus mochi habis.
10. Ambil satu bungkusan mochi dan plastik wrap yang tadi, lalu letakkan di meja. Ambil satu bola es krim dari freezer lalu letakkan diatas bungkus mochi. Cubit-cubit pinggiran lapisan mochi untuk membungkus es krim.
source: http://www.justonecookbook.com/mochi-ice-cream/
11. Ketika terasa lengket, tambahkan sedikit tepung kentang atau maizena pada area yang lengket. Cepat tutup dengan plastik wrap dan putar untuk menutupnya. Tempatkan mochi es krim ke dalam cetakan cupcake untuk menjaga bentuknya. Masukkan kembali mochi es krim ke dalam freezer selama beberapa jam. Ketika akan dihidangkan, biarkan mochi berada diluar selama beberapa menit sampai mochi terasa sedikit lembut.
source: http://www.justonecookbook.com/mochi-ice-cream/
Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat video berikut:
youtube:u91FQrwe3jo
source: https://www.youtube.com/watch?v=u91FQrwe3jo
How to Make Mochi Ice Cream (Recipe) もちアイスクリームの作り方(レシピ)