Apa Itu Castor Oil?


Dilansir dari stylecraze.com, castor oil (minyak jarak) merupakan minyak yang diperoleh dari ekstraksi tanaman jarak atau yang dikenal dengan istilah Ricinus communis. Minyak ini sejenis minyak sayur dan tanamannya banyak tumbuh di daerah Afrika dan India.
source: http://www.dpi.nsw.gov.au/agriculture/pests-weeds/weeds/profiles/castor-oil-plant
Minyak ini telah dikenal di seluruh dunia selama berabad-abad karena sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dimilikinya. Adanya manfaat medis serta terapis dalam minyak ini membuatnya banyak digemari di berbagai industri. Castor oil dapat digunakan untuk kulit, rambut, dan kesehatan. Minyak ini juga menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam berbagai kosmetik, sabut, tekstil, minyak pijat, bahkan obat-obatan.

Manfaat Castor Oil Untuk Kulit Wajah

Castor oil memiliki sejumlah manfaat untuk wajah, terutama yang berkaitan dengan menjaga kelembaban dan penyembuhan.
source: http://www.wisegeek.org/what-are-the-benefits-of-castor-oil-for-the-face.htm
source: http://castoroilfacts.com/castor-oil-for-skin-getting-rid-of-acne-and-dry-skin/
Dikutip dari livestrong.com, berikut merupakan beberapa manfaat castor oil untuk kulit wajah.
Detoksifikasi
Menurut North Carolina State University, castor oil berfungsi untuk detoksifikasi dan membantu memecah minyak pada wajah yang menyumbat kelenjar dan pori-pori. Menurut Organic Facts castor oil mengandung senyawa yang disebut undercylenic acid, yang dapat membantu mensterilkan kulit serta membunuh bakteri penyebab jerawat.
Melembabkan
Castor oil dapat melembabkan, melembutkan kulit kering, dan menyamarkan bintik-bintik akibat penuaan pada wajah. Menurut Palomar Community College, castor oil merupakan pelembut kulit yang sangat baik dan dapat membantu masalah kulit seperti dermatitis, yang menyebabkan kulit sangat kasar dan kering.
Membersihkan
Menurut North Carolina State University, castor oil juga dapat membantu membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati yang menyumbat kelenjar sebum.

Manfaat Castor Oil Untuk Rambut

source: http://www.boldsky.com/beauty/hair-care/2012/hair-hot-oil-treatment-benefits-031104.html
Dikutip dari beautyandtips.com, berikut merupakan beberapa manfaat castor oil untuk rambut.
Membantu pertumbuhan rambut
Dengan mengaplikasikan castor oil hangat pada rambut dan kulit kepala akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel dan meningkatkan pertumbuhan rambut agar lebih cepat. Castor oil juga mengandung asam lemak omega-6 yang dapat menyehatkan rambut.
Mengatasi ketombe dan masalah kulit kepala lainnya
Castor oil memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri. Dengan mengaplikasikan castor oil ke kulit kepala akan membantu membersihkan ketombe dan masalah pada kulit kepala lainnya dengan cepat, jika digunakan secara teratur.
Rambut berkilau
Panaskan castor oil lalu olesakan serta pijat rambutmu, kemudian bungkus rambut menggunakan handuk dan biarakan selama kurang lebih setengah jam lalu bilas. Dengan cara ini maka kelembaban rambutmu akan terjaga dan menghasilkan rambut berkilau yang indah.
Mengatasi rambut bercabang
Oleskan castor oil pada ujung rambut dan biarakan selama setengah jam sebelum mencuci rambut. Jika kamu lakukan cara dengan teratur maka kamu akan terbebas dari rambut kering dan bercabang. Rambut akan terlihat lebih sehat dan bersinar.

Melebatkan Alis dan Bulu Mata

source: http://michellephan.com/diy-eyelash-serum/

Melebatkan Alis dan Bulu Mata Dengan Castor Oil
URL:   http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/48762-melembatkan-alis-dan-bulu-mata-pakai-castor-oil.html
Castor oil juga dapat kita manfaatkan untuk melebatkan alis dan bulu mata. Lihat tips selengkapnya di sini: