Bagaimana Cara Kerja Concealer?

Sebelum menentukan concealer apa yang akan kamu pakai, penting untuk mengetahui cara kerja concealer itu sendiri. Penggunaan concealer ditujukan untuk daerah-daerah kecil pada kulit wajah yang mengalami perbedaan warna, seperti yang biasanya terjadi pada area bawah mata, sekitar hidung, atau noda bekas jerawat. Concealer bukanlah pengganti foundation, tetapi justru concealer dapat bekerja baik dengan adanya foundation.
source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/makeup/a33420/how-to-use-concealer-pimple/
Concealer dapat diaplikasikan sebelum atau sesudah foundation, tergantung pada seberapa banyak coverage yang kamu butuhkan. Jika kamu hanya membutuhkan sedikit coverage, aplikasikan concealer sebelum foundation. Namun jika kamu membutuhkan coverage lebih, aplikasikan concealer setelah foundation.
Mungkin sebagian wanita ada yang menganggap bahwa untuk mendapatkan tampilan yang lebih natural, penggunaan concealer pada bagian yang membutuhkan saja sudah cukup, tanpa perlu dibarengi dengan foundation. Namun, hal ini belum tentu bisa diaplikasikan ke semua orang, karena akhirnya akan tampak seperti adanya sebercak concealer di berbagai tempat pada kulit wajah. Teknik ini hanya dapat diaplikasikan pada pemiliki kulit yang hampir sempurna, tanpa adanya perbedaan warna kulit, dan penggunaan concealer hanya ditujukan untuk memaksimalkan warna kulit yang sudah merata.
Pemilihan warna concealer juga perlu diperhatikan. Disarankan untuk menggunakan warna yang berada satu atau dua tingkat lebih terang daripada warna foundation. Dan yang lebih penting lagi adalah memilih concealer yang memiliki formula yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Kulit Kering

Jika kamu memiliki kulit kering pilihlah creamy concealer, karena jenis ini dapat memberikan kelembaban pada kulit dan tidak akan membuat kulit semakin kering. Sebaiknya hindari liquid concealer dengan matte finish karena hasil akhirnya akan mempertegas kulit yang kering.
source: http://beauty-vanity.com/blog/san-francisco-beauty-blog-nars-radiant-creamy-concealer-custard-review/
NARS Radiant Creamy Concealer

Kulit Berminyak

Gunakan stick concealer untuk mereka yang memiliki kulit wajah yang berminyak. Kandungan clay dalam stick concealer membantu menyerap kelebihan minyak dan membantu mempertahankan coverage sepanjang hari. Kulit berminyak yang cenderung memiliki pori-pori lebar sebaiknya menghindari penggunaan creamy concealer. Tekstur dari concealer jenis ini dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit tampak mengkilap.
source: http://tartecosmetics.com/tarte-item-Amazonian-clay-waterproof-concealer
Tarte Amazonian Cay Waterproof 12-hour Concealer

Lingkaran Hitam

Untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, gunakan matte concealer dengan warna peach, serta tambahkan foundation dengan yellow tone. Warna peach pada concelaer dapat membantu menetralkan warna ungu atau hijau yang biasanya muncul pada lingkaran hitam di bawah mata.
source: http://www.beautyjunkiesunite.com/WP/2011/10/14/laure-mercier-foundation-primer-foundation-powder-secret-camouflage-concealer-translucent-loose-setting-powder-reviews/
Laura Mercier Secret Camouflage Concealer

Garis Halus

Jika kamu cemas dengan munculnya kerutan di area wajah, gunakan concealer dengan formula yang ringan. Hindari penggunaan concealer yang memiliki tekstur atau formula yang tebal dan berat, karena jenis ini cenderung akan menempel pada garis-garis halus tersebut.
source: http://thesoundoffashion.ie/2015/02/bobbi-brown-tinted-eye-brightener/
Bobbi Brown Tinted Eye Brightener
Semoga informasi di atas dapat membantumu menemukan concealer yang tepat, ya!