source: http://media.shafira.com/news/mengenal-bahan-bahan-kerudung
Untuk bisa tahu bahan apa saja yang nyaman digunakan, penting untuk mengenal jenis dan sifat bahan dari hijab itu sendiri.Yuk lihat ulasan berikut ini, tentang mengenal 4 jenis bahan pada hijab. Dengan mengenal bahan yang biasa digunakan untuk hijab, kita bisa memilih mana bahan yang kemungkinan nyaman kita gunakan.

Bahan Jersey

source: http://www.bsukses.com/2015/02/hijab-syari-la-lyra-virna-makin-trend.html
Tekstur ringan dan lembut yang dimiliki bahan jersey, membuatnya terasa nyaman saat digunakan. Selain itu, hijab dengan bahan seperti ini dapat memberikan kesan jatuh ketika dikenakan. Bahan ini juga cocok dan nyaman digunakan di cuaca panas, karena sifatnya yang mudah menyerap keringat. Namun, untuk yang memiliki wajah bulat, sebaiknnya tidak menggunakan hijab berbahan jersey. Karena hijab dengan bahan ini, memberi efek lebih erat menempel pada wajah sehingga membuat wajah pemakainya terlihat lebih berisi.

Bahan Satin

source: http://forum.liputan6.com/t/hijab-satin-lebih-mewah-dan-elegan/1147
Ciri khas dari bahan satin ialah memiliki permukaan yang mengkilap dan licin. Namun pada bagian dalam satin itu sendiri, tidaklah licin ataupun mengkilap. Hijab berbahan satin ini sangat cocok digunakan untuk memancarkan sentuhan mewah. Bahan satin memiliki sifat dapat menangkap serta memantulkan cahaya dengan baik. Kamu bebas memilih ingin menggunakan yang polos atau yang bercorak.Yang terpenting adalah merasa nyaman dan percaya diri. Menggunakan hijab berbahan satin juga dapat memberi kesan mewah dan elegan, tentunya dengan penggunaan yang tepat dan padu padan yang cocok dengan pakaian juga yah.

Bahan Sifon

source: http://sharingdisini.com/2012/10/31/mengenal-8-jenis-bahan-hijab/
Bahan sifon memiliki sifat yang ringan, tipis, dan licin. Karena tipisnya bahan sifon ini, membuatnya terlihat transparan saat digunakan. Sangat dianjurkan untuk menggunakan dalaman kerudung agar hijab yang digunakan benar-benar tertutup. Sebaiknya tidak digunakan saat cuaca panas, karena hijab dengan bahan seperti ini lebih terasa panas saat dipakai. Menggunakan hijab berbahan sifon memang dapat memberi kesan elegan. Hijab seperti ini cocok untuk acara semi formal hingga formal. Jika kamu ingin menggunakan hijab berbahan sifon, gunakanlah bahan dalaman hijab atau ciput yang nyaman agar nyaman juga menggunakan hijab berbahan sifon ini.

Bahan Polyester

source: http://wolipop.detik.com/read/2015/03/19/114225/2863371/1635/5/tutorial-hijab-ala-wanita-turki-dengan-polyester-scarf
Salah satu sifat bahan polyester yaitu serat yang tabal dan kaku. Selain itu, hijab berbahan polyester ini kurang baik dalam hal menyerap keringat, sehingga tidak cocok digunakan saat cuaca panas. Dengan sifat bahan yang tebal kaku, membuat hijab berbahan ini sulit dibentuk dan dikreasikan. Namun, keunggulannya hijab berbahan polyester yaitu tidak mudah kusut, perawatannya mudah dan hijab ini juga cocok digunakan kemanapun.

Bahan Voile

source: http://www.kerudungcantik.org/cara-memakai-kerudung-segi-empat.html
Bahan voile atau bahan katun paris adalah kain yang bersifat lembut dan tipis. Mendengar kata bahan paris atau kerudung paris sudah tidak asing lagi di terlinga para penggemar hijab. Bahan hijab yang sangat bersahabat ini, bersifat ringan dan mudah menyerap keringat dengan baik. Sifatnya yang mudah dibentuk dan dikreasikan, dapat digunakan untuk sehari-hari hingga pergi ke pesta. Tinggal disesuaikan saja modelnya.