1. Mengonsumsi Suplemen

source: http://cyberpekanbaru.blogspot.com/2010/04/4-jenis-suplemen-yang-perlu-anda.html
Konsumsi suplemen vitamin dan mineral, seperti magnesium, vitamin E, dan vitamin B6 dapat juga meredakan kram perut terkait PMS. Kalsium dan potasium juga baik untuk mengurangi keluhan depresi, perut kembung, nyeri, dan gangguan mood.
source: http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailberitaminggu&kid=24&id=57341
source: http://hertynfrianka.blogspot.com/2013/05/minyak-ikan-sebagai-bahan-nutrasetika.html
Tambahkan asupan asam lemak esensial seperti omega-3 manfaatnya bisa mengatasi kram perut terkait menstruasi. Dapatkan omega-3 dari ikan atau suplemen minyak ikan.
source: http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailberitaminggu&kid=24&id=57341

2. Perbanyak Asupan Zat Besi

source: http://inkesehatan.blogspot.com/2014/01/cara-mengatasi-nyeri-saat-haid.html
Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi sangat membantu khususnya bagi Anda yang memiliki kendala saat menstruasi. Wanita yang memiliki tekanan darah rendah atau anemia akan lebih rentan mengalami nyeri saat haid. Untuk mengantisipasi hal tersebut mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat menjadi solusinya.
source: http://inkesehatan.blogspot.com/2014/01/cara-mengatasi-nyeri-saat-haid.html

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran Berdaun Hijau

source: http://ciricara.com/2013/12/23/cara-mengatasi-kram-perut/
Wanita yang terkena kram perut biasanya mengalami kekurangan magnesium. Sebaiknya Anda konsumsi banyak sayuran berdaun hijau seperti bayam yang mengandung banyak magnesium untuk “pelemas” otot alami.
source: http://ciricara.com/2013/12/23/cara-mengatasi-kram-perut/
source: http://minumanjusbuah.blogspot.com/2013/06/rahasia-dibalik-warna-buah-buahan-dan.html

4. Perbanyak Konsumsi Karbohidrat

source: http://www.mitrakesehatan.com/menghitung-karbohidrat-yang-terdapat-di-dalam-makanan-anda.html
Karbohidrat memberikan keseimbangan pada tubuh. Selain itu, karbohidrat mempunyai serat yang tinggi dan mampu untuk membersihkan hormon estrogen dalam tubuh. Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah tertentu bisa memberikan ketenangan dan rileks pada wanita yang mengalami rasa kram saat menstruasi.
source: http://www.agarcepathamil.info/info-kehamilan-241-3-cara-mengatasi-kram-saat-menstruasi.html

5. Kurangi Konsumsi Garam

source: http://wolipop.detik.com/read/2012/07/06/175909/1959664/1135/makanan-yang-boleh-dan-jangan-dikonsumsi-saat-haid
Garam yang berlebihan dapat membuat perut kembung.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/07/06/175909/1959664/1135/makanan-yang-boleh-dan-jangan-dikonsumsi-saat-haid
source: http://abwblog.blogspot.com/2014/10/kunci-sukses-diat-kurangi-garam.html

6. Hindari Makanan Berlemak

source: http://www.amazine.co/2331/tips-lancar-haid-6-cara-mengurangi-kram-saat-menstruasi/
Hindari makanan berlemak karena dapat menghasilkan estrogen. Kadar estrogen dalam tubuh yang tidak seimbang akan menyebabkan kram rahim.
source: http://www.amazine.co/2331/tips-lancar-haid-6-cara-mengurangi-kram-saat-menstruasi/
source: http://www.tempo.co/read/news/2013/05/14/060480126/Makanan-Berlemak-Bikin-Tubuh-Letih

7. Perbanyak Minum Air Putih

source: http://grossmanmillandesingzone.blogspot.com/2013/08/salud.html
Selama masa menstruasi, Anda mengeluarkan lebih banyak cairan. Karena itu, pastikan Anda mengonsumsi cairan. Perbanyak minum air putih atau buah yang mengandung banyak air.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/34192-5-cara-mengatasi-nyeri-saat-menstruasi.htmleview.html

8. Mengonsumsi Minuman Hangat

source: http://www.buahatiku.com/minuman-yang-cocok-untuk-musim-hujan/
Air hangat dapat merelaksasi otot perut yang tegang serta melancarkan peredaran darah yang berada di sekitar perut, sehingga nyeri haid bisa segera dihilangkan. Anda bisa mencoba meminum teh hangat ataupun minuman hangat yang lain ketika datang bulan untuk mengusir rasa sakit yang diderita.
source: http://rahasiacantik.info/092154/cara-mengurangi-nyeri-ketika-haid.html

9. Hindari Alkohol dan Kafein

source: http://radittyashere.blogspot.com/2012/01/sambal-dan-kafein-bisa-memicu-sering.html
Minuman beralkohol meningkatkan semua gejala menstruasi dan kram, Selain itu, alkohol bertindak sebagai pengencer darah yang pada gilirannya akan meningkatkan aliran darah Anda dan menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan.
source: http://news.viva.co.id/news/read/557077-wanita--sebaiknya-hindari-makanan-ini-saat-menstruasi
source: http://biokimia45.blogspot.com/2013/12/kopi-atau-bir-pengaruh-kafein-dan.html
Kafein memberikan kontribusi untuk kram dan dapat menyebabkan haid tidak teratur. Selain itu, kafein pada kopi dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan sulit tidur.
source: http://rona.metrotvnews.com/read/2014/08/06/274018/hindari-7-makanan-ini-selama-haid

10. Gunakan Sesuatu yang Hangat

source: http://id.wikihow.com/Mengatasi-Kram-Saat-Menstruasi
Dokter menyarankan panas sebagai cara untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh kram menstruasi, yang juga dapat membantu meredakan kram itu sendiri.
source: http://id.wikihow.com/Mengatasi-Kram-Saat-Menstruasi
Caranya, isi botol air mineral (plastik) dengan air panas. Lalu tempelkan di perut Anda yang sakit. Botol panas itu akan mengambil rasa sakit karena kontraksi yang terjadi akan dihantarkan ke bagian botol itu bukan di bagian perut Anda. Sehingga, rasa sakit akan sangat berkurang.
source: http://aybela.com/blog/mengatasi-nyeri-saat-menstruasi/
source: http://aybela.com/blog/mengatasi-nyeri-saat-menstruasi/

11. Melakukan Olahraga Ringan

source: http://www.vemale.com/kesehatan/44523-dua-cara-ampuh-mengatasi-nyeri-haid.html
Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan relaksasi seseorang hingga meningkatkan ambang batas terhadap nyeri tersebut. Tidur yang cukup dan latihan relaksasi juga berperan dalam menjaga aliran darah serta dapat meningkatkan ketahanan tubuh wanita dalam menghadapi nyeri akibat menstruasi.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/44523-dua-cara-ampuh-mengatasi-nyeri-haid.html
source: http://female.kompas.com/read/2013/08/15/1054201/7.Olahraga.untuk.Meredam.Nyeri.Haid
Olahraga yang paling disarankan untuk mengurangi serangan kram perut adalah latihan kardio dalam intensitas dan kecepatan rendah. Salah satu caranya adalah dengan jalan cepat.
source: http://female.kompas.com/read/2013/08/15/1054201/7.Olahraga.untuk.Meredam.Nyeri.Haid
Itulah tadi 11 mudah mengatasi kram atau nyeri perut saat haid. Jika nyeri masih tetap berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter. Selamat mencoba, Minasan!