1. Eyeliner Terlalu Tebal

Hati-hati saat menggunakan eyeliner. Bila terlalu tebal membuat mata tampak lebih kecil dan wajah terlihat lebih tua. Pilih eyeliner cokelat dan padukan dengan maskara sehingga mata tampak lebih natural.

2. Concealer Berlebihan

Fungsi concealer adalah untuk menutup lingkaran hitam di sekitar mata dan bekas jerawat. Pastinya penggunaan concealer hanya pada area tertentu dan tidak digunakan terlalu banyak. Concealer yang berlebihan di bawah mata justru membuat kamu terlihat lebih tua. Sebaiknya, campur dulu concealer dengan pelembab, kemudian aplikasikan pada wajah agar hasilnya lebih natural.

3. Lipstik Terlalu Gelap

Tidak semua warna lipstik cocok digunakan semua wanita. Meskipun lipstik warna tua seperti merah dan ungu sedang menjadi tren saat ini, namun untuk warna kulit tertentu bisa membuat wajah lebih tua. Bila ingin tampil lebih muda dan natural pilih warna muda atau sheer colour dengan aksen glossy.

4. Alis Tipis

Ketika menggambar dan membentuk alis hindari bentuk yang terlalu tipis dan meruncing. Alis yang tipis justru membuat wajah lebih tua dan tidak berkarakter. Bila kamu sudah memiliki alis yang tebal sebaiknya rapikan saja dengan sikat agar terlihat lebih rapi. Pilih produk yang memang sesuai seperti pensil atau maskara alis agar terlihat penuh dan lebih muda.

5. Foundation Terang

Sebaiknya hindari foundation yang terlalu terang dari warna asli kulit. Karena, warna foundation yang terlalu pucat dapat mempertegas garis halus di wajah. Pilih warna yang sesuai dengan warna kulit asli. Hal ini akan membuat wajah terlihat lebih muda.