1. Hindari Menjilat Bibir

Tanpa sadar bibir kering membuat kita sering menjilat bibir. Kebiasaan ini sebenarnya dapat merusak lapisan pelindung bibir yang mengandung minyak alami. Lapisan bibir yang rusak justru membuat bibir semakin kering.

2. Minum Air Putih

Bukan tidak mungkin kekurangan air justru membuat bibir kamu kering. Hampir 60% tubuh kita terdiri dari air. Bila kekurangan tentu bagian-bagian tubuh terutama kulit akan mengalami kekeringan. Minum setidaknya 2,5 sampai 3 liter air dalam sehari untuk mengembalikan kondisi kulit.

3. Pilih Produk Pelembab yang Sesuai

Tidak semua lip balm memiliki kandungan yang dapat menutrisi bibir kering. Pilih lip balm yang memang memiliki formula khusus untuk mengatasi masalah bibir kering. Lip balm yang baik mengandung minyak alami dan lanolin murni, vitamin E, shea dan cocoa butter.

4. Exfoliating Sederhana

Bibir juga perlu dilakukan exfoliating untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan exfoliating sederhana di rumah. Bisa menggunakan sikat gigi yang lembut untuk mengangkat kulit mati. Lakukan secara perlahan agar pengangkatan sel kulit mati sehingga tidak melukai bibir.
Bisa juga dengan menggunakan handuk kecil saat malam hari menjelang tidur. Rendam handuk dalam air hangat selama lima menit. Kemudian, gosokkan secara perlahan pada bibir untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah selesai, oleskan pelembab bibir yang berfungsi untuk menutrisi bibir saat sedang tidur.

5. Oleskan Minyak Zaitun

Oleskan minyak zaitun sebelum tidur. Minyak zaitun berfungsi menutrisi kulit, sehingga saat bangun pagi hari bibir lembap dan tidak kering. Konsumsi vitamin B juga baik untuk menghindari kekeringan dan kulit pecah-pecah.