1. Kenali Manfaat Pelembap

Fungsi pelembap pada kulit sangat beragam bukan hanya melembapkan kulit. Tapi juga mencegah kulit kering, keriput dan bersisik. Beberapa pelembab saat ini juga mengandung tabir surya sehingga efektif memproteksi sinar ultraviolet. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya juga mampu menutrisi kulit secara optimal.

2. Memilih Pelembap yang Tepat

Sebelum memilih pelembab yang tepat sebaiknya kenali jenis kulit. Ketika salah memilih pelembab justru membuat kulit bermasalah. Untuk kulit berminyak pilih produk yang oil free agar tidak menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Produk oil free akan mempermudah kinerja nutrisi pada kulit.
Untuk kulit kering membutuhkan pelembab berlabel oil-based atau kaya akan minyak. Pelembab dengan kandungan minyak zaitun, jojoba oil atau alpukat bisa digunakan untuk memperkaya nutrisi kulit kering. Kamu juga bisa menggunakan pelembab berbentuk serum. Serum mengandung bahan aktif yang berfungsi mempertahankan, melindungi dan mencerahkan kulit. Bahkan serum dapat bekerja lebih cepat di kulit.

3. Memaksimalkan Penggunaan Pelembab

Pelembab dapat bekerja secara maksimal pada kulit. Sebaiknya gunakan pelembab tiga sampai lima menit setelah mandi. Pada saat itu kulit masih menyimpan air. Pemakaian pelembab setelah mandi dapat mengunci sisa air yang masih berada di sekitar pori-pori kulit. Sehingga kelembaban kulit dapat terjaga sepanjang hari.
Selain itu, waktu yang tepat untuk mengoleskan pelembab adalah sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Bila perlu gunakan pelembab yang memang mengandung tabir surya. Kamu juga membutuhkan pelembab saat bekerja di ruangan dingin. Kondisi ruangan yang dingin ini dapat membuat kulit mudah kering.

4. Cara Menggunakan Pelembab

Setelah mandi, keringkan tubuh dengan cara menepuk-nepuk handuk pada kulit. Hindari mengusap atau menggosok handuk pada kulit. Lalu, oleskan pelembab ke seluruh tubuh searah jarum jam. Agar penyerapan berlangsung maksimal serta dapat melancarkan peredaran darah.

5. Tanda Kulit Sehat

Kenali tanda-tanda kesehatan kulit terhadap pelembab yang kamu gunakan. Keberhasilan produk ditandai dengan perubahan kulit seperti kulit lebih bersinar, tidak kering dan bersisik. Kulit tak hanya lembut tapi kamu juga akan merasakan kulit lembap selama beraktivitas.