1. Pilih Kuas yang Baik

Tak hanya dari segi harga, kamu juga perlu memperhatikan kualitas kuas. Kuas yang baik memiliki bulu halus ketika disapukan ke wajah dan tidak mudah rontok. Periksa juga apakah bulu tersebut terhubung dengan baik pada batangnya.

2. Membersihkan Kuas

Bersihkan kuas makeup dengan air hangat atau sampo bayi. Bisa juga dengan pembersih kuas seperti Clinique Makeup Brush Cleanser. Basahi kuas kemudian tuangkan sampo atau pembersih kuas. Tekan-tekan secara perlahan, lalu bilas dengan merendam kuas pada air hangat. Pastikan kuas benar-benar bersih dari sabun atau sampo. Biarkan kuas mengering dengan cara diangin-anginkan pada suhu ruang. Sebaiknya kuas makeup dibersihkan satu kali seminggu.

3. Mengeringkan Kuas Makeup

Sebelum disimpan pastikan kuas sudah kering. Cara mengeringkan kuas makeup yang baik gunakan handuk. Tekan-tekan dengan lembut agar sisa air terserap. Buka perlahan-lahan bulu dan tekan dengan handuk. Hati-hati saat melakukannya karena dikhawatirkan bulu-bulu rontok. Hindari menggunakan hair drayer karena sikat kuas tidak boleh terkena panas yang berlebihan.

4. Simpan di Tempat yang Aman

Simpan kuas di tempat yang kering dan tidak lembap. Letakkan kuas secara mendatar atau biarkan berdiri tegak. Penyimpanan kuas yang tidak benar bisa membuat bulu rusak atau bengkok. Kamu juga bisa membeli tempat penyimpanan khusus untuk kuas makeup.