1. Kulit Normal

Meskipun termasuk jenis kulit ideal kulit normal tetap harus mendapat perawatan yang baik dan benar. Kulit normal membutuhkan jenis masker yang berfungsi untuk perawatan, menyegarkan dan tetap menjaga kelembutan kulit. Pilih masker wajah seperti masker kolagen atau masker lumpur yang kaya akan mineral. Untuk masker alami bisa gunakan masker buah atau sayuran, masker gandum yang kaya serat, masker susu atau yogurt untuk mencerahkan wajah.

2. Kulit Kering

Kulit kering membutuhkan nutrisi untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Ciri-ciri kulit kering biasanya kusam dan tidak bercahaya. Pilih masker yang mengandung kacang-kacangan. Bisa juga menggunakan masker gel dengan hyaluronic acid dan gliserin yang membantu melembapkan kulit dan memberikan kekenyalan kulit.

3. Kulit Berminyak

Produksi minyak yang berlebihan pada area T (dahi, hidung dan dagu) umumnya menyebabkan jerawat. Masker harus mampu mengimbangi kelebihan minyak dan mengeringkan jerawat. Pilih masker yang memiliki sifat clay mask, deep cleanser, oil absorbers atau pore minimize. Bisa juga memilih masker pepaya dan hindari masker kolagen yang memicu produksi minyak dan membuat wajah berjerawat.

4. Kulit Berjerawat

Fungsi masker untuk kulit berjerawat adalah mencegah jerawat teriritasi dan meradang. Pilih masker yang membantu pengelupanan kulit mati dan membersihkan pori-pori seperti salicylic acid. Formula yang mengandung benzoyl peroxide dan sulfur untuk membunuh bakteri. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk mengurangi efek mengeringkan. Hindari area mata dan mulut saat menggunakan masker wajah.

5. Kulit Sensitif

Pemilik kulit sensitif tidak bisa sembarangan menggunakan masker wajah. Pilih masker wajah yang mengandung aloe vera, chamomile, mentimun, maple dan teh hijau. Masker ini dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan sementara pada kulit yang sensitif.