1. Sesuaikan Dengan Acara

Lipstik berwarna gelap lebih tepat bila digunakan saat acara pesta. Kesannya lebih sesuai dengan busana yang digunakan. Misalnya lipstik warna plum, merah kecokelatan cocok dengan busana warna merah.

2. Gunakan Lip Liner

Aplikasikan lipstik pada bibir kemudian menggunakan lip liner untuk menggaris tepi bibir. Pilih warna yang senada dengan garis bibir agar tidak menimbulkan garis yang lebih gelap. Lip liner berfungsi untuk membentuk bibir agar lebih penuh dan mencegah lipstik berantakan.

3. Perhatikan Riasan Mata

Pada bagian mata bisa memilih warna soft dan netral, maskara yang tidak terlalu pekat dan blush on berwarna pink muda. Bibir dengan pulasan lipstik gelap akan menjadi fokus utama. Oleh karena itu buat riasan senatural mungkin dan tidak berlebihan.

4. Pilih Warna Lipstik

Sebelum memakai lipstik sesuaikan lipstik gelap dengan wajah. Warna mata yang cenderung gelap bisa menggunakan warna merah dengan dasar cokelat. Sedangkan warna mata terang bisa pilih warna burgundy dengan sedikit sentuhan pink agar lebih hidup.

5. Kenali Tekstur Lipstik

Untuk warna lipstik gelap biasanya tidak perlu menggunakan efek kilauan dari lipgloss. Namun, bila ingin tetap memakai lipgloss gunakan hanya di tengah-tengah bibir. Untuk hasil yang penuh dan tebal bisa memilih lipstik yang matte.