1. Melepaskan Hormon Oksitosin

Oksitosin adalah hormon yang membantumu merasa nyaman dan membangun hubungan lebih dalam dengan orang lain. Saat berpelukan, tubuh akan melepaskan hormon ini dan membuatmu merasa nyaman dan aman.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat kamu merasa bahagia atau sedang jatuh cinta, tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat memerangi infeksi. Dalam kata lain, hormon ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu dan terhindar dari bahaya penyakit.
source: http://www.chatelaine.com/health/sex-and-relationships/does-a-womans-menstrual-cycle-affect-romantic-preference/

3. Mengurangi Rasa Sakit

Seiring dengan meningkatnya daya tahan tubuh, hormon oksitoksin juga dapat mengurangi rasa sakit dengan efek dari sentuhan manusia. Saat kamu mengalami sakit kepala akibat stres atau sakit pada bagian leher, cobalah berpelukan untuk meredakannya.

4. Memperdalam Hubungan Dengan Pasangan

Komunikasi memang penting dalam suatu hubungan, namun sentuhan fisik juga tak kalah penting. Saat kamu merasa stres akibat pekerjaan, tentu kamu akan pulang ke rumah dengan perasaan yang negatif. Cobalah berpelukan dengan pasangan atau keluarga selama 10 menit, rasa stres akan jauh berkurang dan memperdalam ikatan dengan pasanganmu.

5. Mengurangi Phobia Sosial

Selain manfaat di atas, berpelukan juga dapat membuat merasa tenang dan berpikir positif. Jika kamu berada di sebuah pesta dengan kumpulan orang-orang yang tak dikenal, peluklah seorang yang kamu kenal saat datang. Kamu akan merasa lebih percaya diri, lebih bahagia, dan lebih berjiwa sosial.
source: http://www.freemagz.com/outloud/10-perubahan-yang-menandai-terjadinya-stress-8016

6. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Semua manfaat yang dirasakan di atas secara tidak langsung akan berakibat pada berkurangnya rasa stres, rasa cemas, tekanan darah dan risiko terkena penyakit jantung yang menurun. Karena kamu akan merasa lebih bahagia dan mampu melawan stres, tubuh pun akan terasa lebih sehat dari dalam.

7. Mempererat Hubungan Ibu Anak

Coba perhatikan di saat bayi menangis, apakah para ibu akan menggendong kemudian memeluknya? Ya, ini karena pelukan dapat membuat ibu dan bayi merasa lebih rileks dan lebih tenang. Selain mempererat hubungan emosional antara ibu dan anak, sang ibu juga akan merasa lebih mudah tidur di tengah insomnia akibat merawat bayi yang baru lahir.
source: http://www.m.webmd.com/depression/ss/slideshow-10-benefits
Saat kamu pulang ke rumah nanti, peluklah ayah, ibu, kakak, adik, atau pasanganmu untuk merasakan manfaat kesehatan dari sebuah pelukan.