1. Memilih Lotion yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Saat ini hampir semua produk lotion mengeluarkan banyak varian. Mulai dari kulit sensitif kulit kering dan kulit normal. Pilih lotion dengan formula yang tepat sesuai dengan kebutuhan jenis kulit. Jangan lupa juga untuk memastikan tanggal kedaluarsa produk lotion yang kamu pilih masih aman digunakan atau tidak.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/03/06/164043/1859344/1139/3-body-lotion-untuk-kulit-sehat-di-bawah-rp-30-ribu

2. Memakai Lotion Dua Kali Sehari

Waktu yang tepat menggunakan lotion adalah setelah mandi. Pada saat itu tubuh masih dalam keadaan bersih dan lembab sehingga lotion lebih mudah terserap. Kandungan senyawa pada sabun mandi dapat membuat kulit mudah kering. Lakukan minimal dua kali sehari pagi dan malam hari untuk menjaga kelembaban kulit. Sesuaikan juga dengan jenis aktivitas kamu. Bila kamu sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar matahari, gunakan lotion yang mengandung SPF tinggi.
Begitu juga bila kamu tidur di kamar yang menggunakan pendingin ruangan. Hal ini menyebabkan proses regenerasi kulit dan penguapan cairan pada saat tidur di malam hari akan berlangsung lebih cepat sehingga kulit mudah kering. Penggunaan lotion sebelum tidur malam dapat menghambat penguapan cairan dari dalam kulit dan mengeluarakannya secara perlahan. Sehingga kelembaban kulit dapat terjaga sampai pagi hari.

3. Menggunakan Lotion ke Seluruh Tubuh

Body lotion seharusnya diaplikasikan pada seluruh tubuh yang terpapar sinar matahari. Dari pergelangan tangan, sela-sela jari sampai lengan, bagian kaki dari paha, betis sampai ke pergelangan kaki dan punggung kaki. Beberapa produk lotion saat ini juga sudah dilengkapi dengan SPF (Sun Protection Factor) yang berfungsi melindungi tubuh dari paparan sinar matahari.
source: http://style.caricerita.com/cara-memilih-body-lotion-yang-cocok-untuk-jenis-kulit

4. Menggunakan Lotion dengan Sedikit Pijatan

Cara menggunakan lotion yang tepat tidak hanya diusap tapi juga dengan memijat ringan untuk melatih otot agar tidak kaku, lentur, dan relaks. Pada bagian kaki lakukan pijatan perlahan secara memutar mulai dari atas hingg ke bawah. Pijatan tersebut dapat memperlancar peredaran darah dan tubuh lebih ringan.
source: http://female.kompas.com/read/2013/06/29/1527450/Kenapa.Kulit.Butuh.Perawatan.pada.Malam.Hari.