1. Pilih Produk Sampo yang Tepat

source: http://bellavogue.com.au/content/how-choose-right-shampoo-straight-hair
Menggunakan sampo ataupun produk styling yang kurang tepat dapat menyebabkan kerusakan pada rambut secara signifikan. Pastikan untuk memilih produk yang ditujukan untuk jenis rambutmu (normal, berminyak, atau kering), dan yang memfokuskan pada permasalahan rambut yang mungkin kamu alami, misalnya ketombe.

2. Berikan Perlindungan Terhadap Rambut

Ada banyak faktor eksternal yang dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala tidak sehat. Sebaiknya gunakan penutup kepala atau aplikasikan UV protection saat bepergian untuk mencegah kerusakan rambut yang disebabkan oleh sinar matahari.
source: http://weheartit.com/entry/216376899/search?context_type=search&context_user=nemenyilili&page=3&query=summer+hat
Tidak hanya sinar matahari, kandungan klorin atau bahan kimia lainnya yang terdapat di dalam kolam renang juga dapat menyebabkan rambut yang tidak sehat. Sebaiknya selalu gunakan hair cap saat berenang untuk melindungi rambut dari bahan kimia berbahaya.

3. Jangan Lupakan Conditioner

source: http://stylesatlife.com/articles/winter-hair-care-tips/
Mengaplikasikan kondisioner setelah keramas merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga agar rambut tetap lembut, berkilau, dan mudah diatur. Kamu bisa memilih sampo yang sekaligus mengandung kondisioner ataupun menggunakan produk kondisioner secara terpisah. Fokuskan kondisioner pada ujung rambut dan hindari penggunaan kondisioner pada bagian akar rambut (kulit kepala).

4. Hindari Membungkus Rambut Dengan Handuk

source: http://weheartit.com/entry/171987085/search?context_type=search&context_user=Csteverde&page=4&query=hair+towel
Hal ini akan membuat rambut 'terperangkap' di dalam serat kain dan menyebabkan kerusakan pada rambut. Ikatan handuk yang terlalu ketat dapat menarik batang rambut, membuatnya mudah rapuh dan rontok.

5. Penuhi Kebutuhan Protein

source: http://weheartit.com/entry/215857811/search?context_type=search&context_user=MarajAlZadjali&page=3&query=eggs
Pola makan yang sehat dapat menunjang rambut dan kulit kepala yang sehat. Komponen utama rambut manusia terbuat dari protein, jadi pastikan untuk mengonsumsi setidaknya 45 gram protein setiap hari. Sumber terbaik protein antara lain, daging tanpa lemak, daging unggas, ikan, kacang-kacangan, produk olahan susu rendah lemak, telur, dan lain sebagainya.

6. Pijat Kulit Kepala Secara Rutin

source: http://hairlosstreatmentstip.com/benefits-scalp-massage-hair-loss
Tidak hanya memberikan rasa nyaman, memijat kulit kepala juga dapat menstimulasi folikel rambut, meningkatkan sirkulasi di kepala, serta mengurangi ketegangan. Luangkan waktu untuk benar-benar fokus melakukan scalp massage. Kamu bisa gunakan minyak alami seperti argan oil atau chamomile oil untuk mendapatkan manfaat lebih karena minyak-minyak ini sangat baik untuk kulit dan rambut.

7. Hindari Styling Saat Rambut Masih Dalam Keadaan Basah

Rambut yang masih dalam keadaan basah jauh lebih rentan terhadap kerusakan jika disisir ataupun dikeringkan menggunakan blow dryer. Sebaiknya tunggu rambut mengering secara alami untuk menghindari kerontokan rambut.
source: http://www.oprah.com/style/Ideas-for-Wet-Hair-Styling-Tips-for-Wet-Hair
Jika kamu benar-benar butuh untuk menyisir rambut saat masih basah, sebaiknya gunakan sisir bergigi besar. Jika membutuhkan blow dry, sebaiknya atur blow dryer agar tidak terlalu panas (low heat).

8. Mengganti Posisi Ikat Rambut

source: http://weheartit.com/entry/216430196/search?context_type=search&context_user=coolchicstyle&query=ponytail
Apakah ponytail selalu menjadi andalan styling rambutmu? Sebaiknya jangan selalu mengikat rambut di posisi yang sama terus menerus. Mengganti posisi ikat rambut bisa menjadi langkah mudah yang dapat membantu menjaga tiap helai rambut agar tetap tumbuh kuat dan bebas dari kerusakan.

9. Konsumsi Vitamin B

source: http://www.bonappetit.com/recipes/slideshow/clam-recipes#2
Vitamin B (B6 + B12, asam folat) juga berperan penting dalam pertumbuhan rambut, dan kekurangan vitamin B sering dikaitkan dengan kerontokan rambut yang terjadi. Dikarenakan tubuh tidak dapat memproduksi vitamin ini secara alami, vitamin B dapat ditemukan dalam makanan seperti daging dan seafood.

10. Air Putih Menjadi Kunci Utama

source: http://www.mtlblog.com/2015/09/8-unexpected-reasons-to-drink-more-water/#
Jika kamu tidak meminum air putih dalam jumlah yang cukup, maka akar rambut tidak mendapatkan cukup air untuk pertumbuhan yang baik. Rambut menjadi kering, kasar, dan bahkan terhambat pertumbuhannya. Oleh karena itu, pastikan untuk minum air putih yang cukup setiap harinya agar rambut tumbuh lebih sehat, lebat, dan juga berkilau.