Mengikat Terlalu Kencang

Jika kamu suka menata rambut seperti ekor kuda, boleh-boleh saja. Namun, sebaiknya hindari mengikatnya terlalu kencang karena dapat melemahkan rambutmu. Ikatan yang terlalu kencang pada rambut akan membuat rambut semakin tertarik dari akarnya. Hal ini yang menyebabkan rambut mudah rontok karena tidak menempel kuat ke akarnya.
source: http://www.youne.com/make-your-perfect-ponytail/
Untuk itu, hindari terlalu sering menguncir rambut terlalu kencang. Jika memungkinkan, urailah rambut agar rambut lebih rileks.

Terlalu Sering Mengecat Rambut

Berekspresi melalui warna rambut memang menyenangkan. Namun, perlu diperhatikan, kandungan bahan kimia pada cat rambut dapat membuat rambut kering. Jika rambut kering, itu menandakan bahwa rambut sudah tidak lagi sehat dan kekurangan nutrisi. Hal ini akan mengarah pada masalah rambut seperti patah, bercabang, hingga kerontokan.
source: http://id.aliexpress.com/premium/category/203004497.html?aff_platform=promotion&aff_trace_key=7d6bf4e592914d81b0bb093f0ba64a91-1451460689263-04572-AeAE6q7a2&sk=AeAE6q7a2:&sms_type=default&cpt=1451460689263&sms=sughot&alpsm=true
Mewarnai rambut boleh-boleh saja, asal jangan terlalu sering, ya. Jangan lupa juga mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut seperti protein, omega 3, dan zat besi.

Penggunaan Hair Dryer yang Salah

Saat terburu-buru dan ingin menata rambut, pada umumnya seseorang memakai cara praktis yaitu mengeringkannya dengan pengering rambut. Suhu yang terlalu panas dari pengering ini akan merusak kelembapan alami rambut sehingga akan membuat rambut menjadi kering. Tak hanya itu, jarak antara hair dryer dan rambut yang terlalu dekat juga dapat membuat rambut di area tersebut rusak.
source: http://www.huffingtonpost.com/2013/11/19/bad-hair-habits_n_4297590.html
Hal ini disebabkan karena ketika rambut terkena panas yang tinggi, maka sel-sel dari lapisan kutikula rambut akan terbelah dan rusak sehingga membuat filamen bagian dalamnya tidak lagi terlindungi dengan kuat.

Menyisir Terlalu Keras

Memiliki rambut yang panjang memang lebih menyusahkan dibanding rambut pendek. Salah satu contohnya ketika menyisir rambut. Selain memakan waktu, rambut yang panjang terkadang susah untuk disisir, apalagi jika masih dalam keadaan basah setelah keramas. Sebaiknya jika menyisir rambut jangan menariknya terlalu kuat karena seperti pada kasus kuncir ekor kuda, menyisr rambut terlalu kuat dapat membuat rambut semakin mudah tercabut dari akarnya. Hal ini membuat rambut rapuh dan mudah rontok.
source: http://jeffreypaulblog.com/ouch-brushing-hard/