1. Teknik Facial yang Salah

Proses ekstraksi komedo pada salah satu tahapan facial yang tidak tepat akan membuat pori-pori wajah menjadi lebar. Trauma pori-pori kulit bisa memperlebar jaringan parut. Bila teknik facial dilakukan dengan tepat bisa membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Sebaiknya pilih terapis yang memang memang ahli mengatasi masalah ini dan tidak menyebabkan trauma kulit.

2. Memencet Jerawat

Munculnya jerawat membuat kita tidak tahan untuk mengeluarkan jerawat. Bila tidak dilakukan dengan teknik yang benar pori-pori wajah justru akan semakin jelas. Kerusakan yang terjadi biasanya berupa hiperpigmentasi dan scar agne (luka akibat jerawat).

3. Menggosok Wajah Dengan Keras

Setelah mencuci muka biasanya tanpa sadar kita menggosoknya dengan handuk secara kasar. Gerakan menggosok wajah dari atas ke bawah yang berlawanan dengan arah gravitasi ini justru membuat pori-pori makin melebar. Sebaiknya tepung-tepuk ringan wajah setelah mencuci wajah.

4. Terlalu Banyak Menggunakan Makeup

Perhatikan kosmetik yang kamu gunakan. Bedak tabur atau bedak padat dapat menimbulkan banyak minyak dan kotoran sehingga menimbulkan radang. Keadaan ini justru akan membuat pori-pori wajah semakin besar. Bedak atau alat kosmetik lainnya hanya menutupi kekurangan wajah bukan memperbaiki kondisi kulit.

5. Tindakan Mikrodermabrasi

Tindakan mikrodermabrasi justru bukan untuk mengecilkan pori-pori. Mikrodermabrasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang bekerja pada lapisan sel epidermis. Sehingga kulit tampak lebih halus, bersih dan kenyal.