source: http://sidomi.com/321119/cara-menghilangkan-flek-hitam-dengan-buah-buahan/
Menghilangkan flek hitam di wajah bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam menjalani perawatan untuk menghilangkan flek hitam ini. Tapi, bukan berarti hal ini tidak mungkin dilakukan. Ada berbagai cara untuk menghilangkan flek hitam, diantara dengan perawatan medis yang menggunakan teknologi kecantikan modern, penggunaan krim pemutih yang aman, dan menggunakan bahan alami yang bisa dibuat sendiri. Dan kali ini kita akan membahas bahan alami yang dapat membantu memudarkan flek hitam di wajah.
Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membantu memudarkan flek hitam yang hinggap di wajahmu. Dibutuhkan waktu yang tidak singkat untuk bisa menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami ini. Selain itu, pemakaian secara teratur pun harus dilakukan.
Berikut ini bahan alami yang dapat membantu memudarkan flek hitam:

1. Masker Bengkoang

source: http://manfaatnyasehat.com/cara-membuat-masker-bengkoang/
Bahan alami untuk memudarkan flek hitam di wajah yang pertama, kamu bisa menggunakan masker bangkoang. Caranya blender bangkoang yang masih segar, lalu oleskan di wajah untuk membantu memudarkan flek hitam.

2. Masker Pepaya

source: https://romanticsalon.wordpress.com/2012/10/01/romantic-papaya/
Lumatkan pepaya hingga halus seperti bubur, lalu terapkan pada kulit yang terkena flek hitam sambil digosok perlahan. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air. Di dalam pepaya terkandung papain yaitu enzim yang dapat mendorong produksi sel baru pada kulit.

3. Masker Mentimun

source: http://blog.evoucher.co.id/2013/08/sehat-dan-cantik-berkat-masker-mentimun.html
Selanjutnya kamu bisa menggunakan masker mentimun. Caranya: blender mentimun yang masih segar pastinya, setelah itu aplikasikan pada wajah untuk memudarkan flek hitam. Diamkan 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Kulit Semangka

source: https://finunu.wordpress.com/2011/08/24/7-kulit-buah-yang-bermanfaat-untuk-kesehatan/
Jika kamu gemar mengkonsumsi semangka, jangan segera membuang kulitnya. Kulit semangka mampu membantu mengurangi flek hitam. Caranya mudah, yaitu hanya dengan menggosokkan bagian dalam kulit semangka pada wajah. Lakukan selama beberapa menit. Lalu diamkan, setelah itu bersihkan hingga bersih. Lakukan cara ini 2 sampai 3 kali seminggu.

5. Air Rendaman Teh

source: http://kabarno.com/2015/05/jangan-buang-bekas-teh-celupmu/
Teh mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Vitamin E merupakan antioksidan yang memiliki peranan dalam penyembuhan luka, melawan radikal bebas penyabab penuaan dini dan menstabilkan produksi kolagen. Gunakan rendaman teh yang sudah direndam semalaman pada wajah dengan cara diusap ke seluruh wajah. Biarkan air tersebut mengering sendiri, kemudian basuh dengan air hangat.

6. Kentang

source: http://food.detik.com/read/2014/05/14/180245/2582864/294/triwulan-i-2014-indonesia-impor-kentang-hingga-4955-ton
Kentang merupakan salah satu bahan yang bisa membantu memudarkan bintik-bintik hitam di wajah karena kandungan vitamin dan mineralnya. Caranya: parut kentang dan tambahkan air sedikit saja. Kemudian peras parutan tersebut menggunakan saringan yang bersih. Tambahkan beberapa tetes jeruk nipis dan madu setengah sendok teh. Aplikasikan pada flek hitam di wajah. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air.

7. Irisan Jeruk Nipis

source: https://mondisuherman.wordpress.com/2012/11/09/jeruk-nipis-atasi-demam-bayi-2/
Iris jeruk nipis dan gunakan pada wajah secara merata. Diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat, setelah itu bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Jeruk nipis dapat membantu mengangkat sel kulit mati.