source: http://cambon.id/index.php/2015/09/01/6-kebiasaan-penyebab-jerawat/
Jika wajah sedang berjerawat, tidak bisa menggunakan sembarang kosmetik. Salah menggunakan jenis kosmetik justru bisa membuat kulit mengalami iritasi. Faktor penyebab jerawat pun beragam, mulai dari hormon, kotoran, kosmetik yang tidak cocok, kurangnya perawatan, dan keturunan. Selain faktor penyebab munculnya jerawat, terdapat kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebagian orang yang justru bisa mendorong munculnya jerawat. Oleh karena itu, merupakan suatu hal yang penting untuk mengetahui kebiasaan apa saja yang dapat memicu timbulnya jerawat tersebut.
Berikut adalah 7 kebiasaan buruk penyebab kulit berjerawat:

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mungkin bagi sebagian orang, sering mencuci muka adalah salah satu cara menjadikan kulit bersih dan bebas jerawat. Kenyataannya, mencuci muka terlalu sering akan mendorong kelenjar minyak atau sel sebum untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi. Minyak yang berlebih pada kulit memicu timbulnya jerawat. Sebaiknya cuci muka dua kali sehari saja yaitu pada pagi hari dan malam hari.

Penggunaan Alat Make Up yang Kotor

Kebiasaan buruk yang kedua dari 7 kebiasaan buruk penyebab jerawat adalah penggunaan alat makeup yang kotor. Alat makeup yang dimaksud mencakup segala macam kuas dan spons bedak.Benda-benda itu bisa jadi mengandung bakteri yang dapat memberi efek tidak baik pada kulit, salah satunya munculnya jerawat. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan alat makeup yang kita gunakan. Cucilah kuas dengan sampo khusus minimal tiga minggu sekali.

Berjemur di Bawah Sinar Matahari Dalam Waktu yang Cukup Lama

Berjemur di bawah matahari sesuai kadar dan waktunya mungkin baik bagi tubuh. Namun, apabila terlalu lama berjemur dan bukan pada waktu yang tepat dapat memicu munculnya jerawat. Mengapa? Karena berjemur dalam waktu yang cukup lama dan di saat matahari bersinar paling terang atau intensitas sinar UVB mencapai puncaknya, maka hal ini dapat membuat kulit mengalami kekeringan. Jika kulit mengalami kekeringan, kelenjar minyak akan meningkatkan produksi minyaknya dan minyak yang berlebih pada kulit merupakan salah satu penyebab jerawat mudah muncul. Selain itu, hal ini juga dapat membuat kulit menjadi terbakar hingga menyebabkan kanker kulit. Jika kamu terpaksa harus melakukan hal ini, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih. Selain itu, gunakan juga pakaian yang tertutup dan payung.

Salah Memilih Produk Kecantikan

Salah memilih produk perawatan kulit juga dapat menjadi penyebab kulit berjerawat. Suatu produk perawatann kulit belum tentu cocok untuk semua jenis kulit. Oleh karena itu, pemilihan produk perawatan kulit harus disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki.

Tidak Membersihkan Kulit Wajah di Malam Hari

Kebiasaan buruk penyebab jerawat selanjutnya yaitu tidak atau lupa membersihkan kulit wajah di malam hari setelah beraktivitas. Kotoran yang menempel di wajah saat kita tidur menyebabkan tersumbatnya pori-pori wajah dan menghambat kulit untuk melakukan proses peremajaan. Hal ini juga menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Mudah Stres

Ketika seseorang mengalami stres maka hormon stres dalam tubuh akan meningkat. Hal ini merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Lebih baik hindarilah sesuatu yang menjadi penyebab stres.

Pola Makan Tidak Sehat

Kurangilah mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh seperti gula, gorengan, makanan cepat saji atau makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Selain kurang baik bagi tubuh, makanan tersebut juga menjadi pemicu munculnya jerawat.