source: http://solusi-keputihan.blogspot.co.id/2015/11/kebiasaan-ini-akan-ganggu-kesehatan.html
Miss V memang terletak di area yang tersembunyi. Tapi, bukan berarti kita dapat mengabaikan kesehatan dan kebersihannya. Miss V justru merupakan organ yang paling penting dan sudah seharusnya menjadi perhatian utama kita. Banyak penyakit berbahaya yang bisa ditimbulkan dari Miss V yang tidak dijaga kesehatan dan kebersihannya. Untuk itu, sangatlah penting melakukan perawatan khusus untuk Miss V agar tetap sehat.
Hindari melakukan kebiasaan yang justru dapat membuat Miss V menjadi tidak sehat. Yuk, ketahui kebiasaan-kebiasaan salah apa sajakah itu?

Jarang Mengganti Celana Dalam

Malas mengganti celana dalam adalah kebiasaan yang harus segera kamu tinggalkan. Celana dalam yang sudah lembab atau kotor harus segera diganti, karena dapat beresiko mudah terinfeksi jamur. Ketika sudah merasa lembab, segeralah ganti celana dalam tersebut dengan celana dalam yang bersih dan kering. Hal ini juga berlaku untuk penggunaan pembalut atau pantyliner.

Membersihkan Miss V Dengan Sabun Mandi

Sangat tidak disarankan untuk membersihkan Miss V menggunakan sabun mandi. Mengapa? Karena pH rata-rata pada sabun mandi bersifat basa (pH > 7) sedangkan di dalam miss v memiliki rentang tingkat keasaman atau pH 3,8 - 4,2. kadar ini terus dipertahankan oleh bakteri baik di Miss V untuk kelangsungan hidup mereka dan mencegah bakteri jahat berada di area tersebut. Sedangkan pH basa dapat membunuh bakteri-bakteri baik yang berada di area Miss V. Hal ini memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan Miss V. Cara membersihkan Miss V cukup dengan mengunakan air bersih hingga tuntas jika tidak ada masalah pada Miss V.

Menggunakan Celana Dalam yang Ketat

Celana dalam yang ketat dapat meningkatkan kelembaban di sekitar Miss V, hal ini mendorong pertumbuhan jamur dan bakteri lebih cepat dan dapat berakibat Miss V menjadi rentan terhadap infeksi.

Keliru dalam Merawat Bulu pada Miss V

Salah merawat bulu kemaluan pun menjadi pemicu terganggunya kesehatan Miss V kita. Disarankan, jangan mencukur semua bulu kemaluan, cukup dengan menggunting beberapa helai hanya untuk memperpendek ukurannya saja. Hal ini bertujuan untu meminimalisir terjadinya luka pada Miss V saat mencukur. Karena kulit yang terluka membuat bakteri dan jamur mudah masuk dan menimbulkan infeksi.

Memakai Handuk yang Sama

Hindari menggunakan handuk untuk membersihkan area Miss V yang sama dengan wanita yang lain sekalipun saudaramu sendiri. Menggunakan handuk secara bergantian akan mempercepat penularan penyakit kulit yang tentunya ditularkan melalui handuk. Alangkah baiknya untuk menghindari kebiasaan ini untuk mencegah hal yang berdampak buruk bagi kesehatan Miss V kita.

Kurang Memperhatikan Kebersihan setelah Buang Air

Biasakan setelah buang air kecil, buang air besar, menstruasi dan keputihan serta sehabis hubungan seksual (wanita yang sudah menikah), bersihkan area miss v secara tuntas hingga tidak ada kotoran yang menempel. Setelah itu keringkan dengan handuk halus dan bersih. Jika menggunakan tisu, perhatikan kondisi tisu tersebut. Karena serpihan halus tisu yang menempel pada Miss V bisa memicu alergi.

Seks Bebas

Seks bebas menyimpan begitu banyak risiko bagi pelakunya. Berbagai penyakit kelamin hingga kanker serviks dapat ditularkan dari tindakan ini. Dan hal ini adalah masalah yang sangat besar bagi Miss V. Maka dari itu, jauhilah seks bebas sebelum tindakan ini merugikan kamu nantinya.