source: http://www.lensaremaja.com/1201/ingin-tangan-halus-ikuti-3-cara-ini/
Tangan lebih banyak melakukan aktifitas dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Selain itu, tangan lebih banyak mengalamai kontak langsung dengan paparan sinar matahari, air, uap panas saat memasak, terpapar kotoran, sabun cuci tangan dan deterjen dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Hal ini dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan seperti: kulit tangan akan cenderung kusam, banyak flek, bahkan berkerut, menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit akibat dari menurunnya jumlah kolagen pada lapisan kulit, juga menyebabkan urat-urat tangan semakin menonjol.
Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kita bisa mencegahnya mulai dari sekarang.

1. Lindungi dari Sinar Matahari

Sinar matahari selain memberikan dampak yang baik bagi kehidupan manusia, juga dapat memberikan efek yang buruk terhadap kulit karena sinar ultravioletnya. Tak terkecuali kulit tangan. Jangan lupa untuk selalu memberikan perlindungan dengan tabir surya untuk tanganmu.

Jaga Kelembabannya

Jika tanganmu sering melakukan kontak langsung dengan air maupun sabun, jangan lupa untuk mengoleskan lotion tangan setelahnya. Terlebih untuk kamu yang selalu berada di ruangan ber-AC, biasakan untuk mengoleskan lotion tangan 2 atau 3 jam sekali dan minum air putih yang cukup. Atau kamu bisa menggunakan serum wajah yang mengandung anti-oksidan pada tangan sebelum tidur dan ketika akan menggunakan moisturizer atau lotion. Kamu juga bisa mengaplikasikan masker yang berguna untuk melembabkan wajah di tanganmu. Hal ini untuk menghindari dan mencegah tangan mengalami kekeringan atau kehilangan kelembabannya. Tangan yang kehilangan kelembabannya bisa lebih cepat menimbulkan garis-garis tangan.

Gunakan Sarung Tangan

Lindungi tanganmu dengan menggunakan sarung tangan ketika akan beraktivitas seperti berkebun, mencuci piring, membersihkan kamar mandi, atau yang membuat tanganmu harus terkena zat-zat kimia.

Gunakan Scrub

Gunakanlah scrub pada tangan setiap dua atau tiga minggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati di lapisan teratas kulit. Sel kulit mati dapat menghambat pertumbuhan sel kulit baru sehingga terlihat kering. Selain kamu menggunakan scrub yang beredar di pasaran, kamu juga bisa menggunakan scrub dari bahan-bahan yang ada di rumah. Yaitu dengan menggunakan 1 sendok teh gula dan minyak kelapa. Campur kedua bahan tersebut lalu aplikasikan di tangan sambil dilakukan gerakan melingkar. Tapi, jika tanganmu sedang luka, jangan lakukan cara ini yah.

Cukupi Asupan Vitamin

Vitamin juga memiliki peranan penting dalam pencegahan penuaan pada tangan. Vitamin A, B kompleks, C, dan E dengan dosis yang cukup, dapat membantu memparbaiki kulit. Terutama vitamin C dan E, berperan untuk menangkal efek buruk paparan sinar matahari. Sedangkan vitamin A dapat membantu memperbaiki jaringan kulit dan menjaganya, lalu vitamin B kompleks bermanfaat untuk kesehatan kulit. Makanlah makanan yang bergizi dengan cukup, karena selain baik untuk kesehatan tubuh, juga baik untuk kesehatan kulit.