source: http://kulitputihdansehatglucogen.com/cara-menghilangkan-keriput-pada-wajah-secara-alami/
Banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya keriput. Di antaranya bertambahnya usia, penggunaan kosmetik yang tidak tepat, dan kurang merawat kulit wajah. Selain itu, keriput yang sudah muncul bisa bertambah, lho. Nah, bertambahnya keriput bisa juga disebabkan oleh kebiasaan yang kita lakukan. Apa saja?
Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang bisa menambah keriput di wajah:

Suka Makan Makanan Manis

source: http://kaltim.tribunnews.com/2015/07/30/harum-makanan-manis-dan-berlemak-picu-selera-makan
Memakan makanan yang manis memang nikmat. Apalagi untuk kita yang memang sangat menyukai makanan yang manis. Sayangnya, selain dapat membuat berat badan melonjak, makanan manis juga memberikan efek yang buruk bagi kulit kita. Saat makanan manis dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menyebabkan tingkat gula darah tinggi. Dan ketika tingkat gula darah tinggi, akan mengganggu proses glikasi dalam tubuh dan dapat merusak kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin diyakini dapat menjaga kehalusan, kekenyalan dan elastisitas kulit.

Melupakan Tabir Surya

source: http://healthinformation.name/6-tips-jitu-perawatan-kulit-sensitif/
Paparan sinar ultraviolet dari matahari secara langsung pada wajah dapat menembus ke dalam kulit dan dapat merusak kolagen. Jika kolagen rusak, maka kulit akan kehilangan kekenyalannya. Selain itu, terdapat radikal bebas yang dihasilkan dari radiasi sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan keriput di wajah. Oleh karena itu, sangat disarankan menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari langsung.

Merokok

source: http://klikdokter.com/rubrikspesialis/kebidanan-kandungan/merencanakan-kehamilan/merokok-mengurangi-tingkat-kesuburan-pada-wanita
Banyak akibat buruk yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok. Bukan hanya memberikan efek buruk bagi kesehatan, merokok juga bisa mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan. Merokok dapat membatasi aliran darah ke kulit, sehingga oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel kulit agar tetap sehat dan dapat beregenerasi sulit didapatkan.

Tidur Menggunakan Makeup

source: http://www.molto.co.id/gaya-hidup/efek-buruk-tidur-memakai-make-up-1410267.html
Tidur sebelum membersihkan wajah dari makeup adalah kebiasaan yang sebaiknya segera ditinggalkan. Setelah cukup lama beraktivitas menggunakan makeup, kemungkinan makeup yang menempel di wajah sudah tercemar dengan kotoran ataupun debu. Hal ini menyebabkan tersumbatnya pori-pori sehingga dapat menghambat proses regenerasi kulit. Apabila hal ini dilakukan terus menerus, dapat berakibat kerutan halus di wajah bertambah.

Menyipitkan Mata

source: http://beritaterbaruberitaterkini.blogspot.co.id/2015_02_01_archive.html
Ketika sedang berjalan dibawah sinar matahari, tanpa sadar kita langsung menyipitkan mata karena silau dengan cahayanya. Namun, hal tersebut merupakan salah satu pemicu bertambahnya kerutan pada wajah terutama pada bagian sudut mata. Sebaiknya gunakan kacamata hitam saat harus melakukan aktifitas di luar yang terpapar sinar matahari.