source: http://www.necturajuice.com/beberapa-kebiasaan-yang-dapat-merusak-gigi/
Memiliki gigi yang sehat dan putih merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Gigi yang putih dan bersih memang membuat kita merasa lebih percaya diri ketika tersenyum atau berbicara kepada orang lain. Begitu pula sebaliknya, gigi yang tidak terawat mungkin akan mengurangi rasa percaya diri. Gigi yang tidak sehat pun dapat memicu bau pada mulut. Oleh karena itu, kesehatan gigi dan gusi memang harus diperhatikan. Namun tahukah kamu? Banyak kebiasaan yang kita lakukan yang dapat menyebabkan rusak dan sakitnya gigi kita?
Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan rusaknya gigi:

1. Mengunyah Es Batu

source: http://www.cuteabis.com/6-kebiasaan-buruk-yang-merusak-gigi-anda/
Mengunyah es batu bagi sebagian orang mungkin terasa nikmat karena sensasi dinginnya, apalagi di tengah hari yang panas. Namun es batu yang kita kunyah tersebut, dapat membuat gigi kita rusak, lho. Karena tekturnya yang keras tersebut dapat menyebabkan kerusakan email gigi dan bisa membuat gigi menjadi retak serta mengurangi kekuatan gigi beberapa derajat. Sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini agar gigi tetap sehat.

2. Minum Minuman Bersoda

source: http://kesehatangigi.blogspot.co.id/2015/02/kebiasaan-yang-dapat-merusak-gigi.html
Soda mengandung asam yang dapat mengikis enamel gigi dan kandungan gulanya juga menyebabkan lubang pada gigi.

3. Menggosok Gigi Terlalu Keras & Menggunakan Sikat Gigi yang Keras

source: http://mypotik.blogspot.co.id/2011/07/10-kebiasaan-buruk-yang-bisa-merusak.html
Menyikat gigi dengan keras, ditambah dengan sikat gigi yang keras, bukanlah cara agar gigi menjadi bersih dan sehat. Justru hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya enamel pelindung pada gigi secara permanen. Sehingga, hal ini dapat membuat gigi menjadi sensitif dan bisa berlubang serta dapat melukai gusi dan membuatnya berdarah. Mulai sekarang, pilihlah sikat gigi yang tepat dan perhatikan pula cara menggosok gigi yang benar.

4. Menggunakan Gigi sebagai Alat

source: http://www.asalasah.com/2012/08/hal-tak-terduga-yang-bagus-buat-gigi.html
Sering kali kita melihat seseorang atau bahkan kita sendiri, menggunakan gigi untuk membuka kemasan plastik atau yang lebih keras dari itu. Perlu disadari, hal tersebut dapat membuat keretakan pada gigi. Gigi yang retak tersebut dapat menjadi tempat bakteri bersarang dan lambat laun dapat mengakibatkan gigi berlubang.

5. Menyikat Gigi Setelah Memakan Makanan Asam di Pagi Hari

source: http://pedulisehat.info/harus-menyikat-gigi-setelah-makan/
Jangan langsung menyikat gigi setelah makan makanan yang asam. Ketika kita menyikat gigi dalam keadaan asam, dapat membuat lapisan luar gigi terkikis. Hal ini dikarenakan, asam bisa membuat enamel gigi melemah. Jika hal ini dilakukan terus menerus, enamel gigi akan menipis dan membuat gigi menjadi rusak. Setelah memakan makanan asam alangkah baiknya jika kamu segera meminum air putih atau susu untuk menetralisir asam atau kamu bisa menyikat gigi setelah 30 menit.

6. Terlalu Sering Menyikat Gigi

Jika kita beranggapan bahwa semakin sering menyikat gigi akan membuat gigi menjadi putih dan sehat, sebenarnya itu adalah anggapan yang keliru. Menyikat gigi terlalu sering justru akan merusak enamel gigi yang akhirnya menyebabkan gigi terkikis dan rapuh.

7. Mengabaikan Dokter Gigi

source: http://www.kaskus.co.id/thread/51393482eb74b46b3a000000/5-alasan-mengapa-kita-takut-ke-dokter-gigi/
Kebanyakan dari kita, baru akan pergi ke dokter gigi setelah gigi benar-benar terasa sakit. Padahal, salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi yaitu dengan rutin pergi ke dokter gigi. Dianjurkan melakukan pemerikasaan gigi minimal 6 bulan sekali. Karena kita tidak tahu apa yang tersembunyi di dalam gigi kita. Dengan melakukan pemeriksaan secar berkala, diharapkan dapat meminimalisir kerusakan gigi serta dapat segera menangani kerusakan pada gigi sebelum menjadi parah.