Gaya Hidup Lebih Sehat

Menurunkan berat badan mungkin menjadi resolusi sebagian wanita setiap tahunnya. Sebelum kamu menyambut tahun 2016 dengan target yang tak tercapai, ketahui fakta bahwa tubuh manusia mengalami kenaikan berat badan hampir sebanyak 1 kg setiap tahunnya. Kenaikan 1 kg memang tidak berarti, tapi jika berlangsung selama 10 tahun, tanpa disadari beratmu akan bertambah hingga 10 kg! Kamu tak membutuhkan strategi diet yang berlebihan, cukup kurangi konsumsi makanan hingga 100 kalori dan bergeraklah lebih aktif untuk membakar 100 kalori setiap harinya.
source: https://www.linkedin.com/pulse/top-5-food-swaps-zoe-bingley-pullin-claudia-wood
Jika biasanya kamu makan roti isi keju yang digoreng dengan mentega, coba ganti mentega dengan semprotan olive oil yang telah dicampur air. Hal ini juga berlaku untuk roti bakar. Kamu bisa mengganti mentega dengan selai buah untuk kalori yang lebih rendah. Jika kamu gemar makan cheesecake atau chocolate cake hingga 2 potong, kurangi menjadi 1 potong. Ganti pula camilan cokelat batanganmu dengan sepotong apel yang lebih mengenyangkan dan rendah kalori. Dengan mengganti atau mengurangi porsi makanan sedikit demi sedikit, tanpa terasa kamu telah mengurangi 100 kalori dalam asupan makanan sehari-hari.
Bagaimana dengan kegiatan fisik? Ternyata membakar kalori tak harus berhubungan dengan olahraga, lho. Coba bantu ibumu menyapu rumah selama 20 menit, jalan-jalan keliling kompleks perumahan selama 24 menit, atau mencuci sendiri mobilmu selama 21 menit. Kalau ingin olahraga, lari di tempat selama 11 menit dan berenang selama 13 menit juga sudah bisa membakar 100 kalori.

Dengan menjaga agar tubuh tetap aktif dan beralih ke makanan yang lebih sehat, tubuh tidak akan mengalami kenaikan berat badan setiap tahunnya dan tetap berada di angka yang stabil. Kamu juga bisa menggunakan trik ini sebagai cara menurunkan berat badan yang lebih sehat.

Bentuk Otot Pada Tubuh

Terkadang memiliki berat badan ideal belum tentu membuat seseorang terlihat langsing. Tubuh yang kurang kencang bisa menjadi penyebab seseorang terlihat menggelambir. Apalagi, bagian tubuh seperti perut justru tidak terlihat kurus walaupun mengalami penurunan berat badan. Oleh karena itu, penting untuk membentuk otot agar bentuk tubuh terlihat lebih indah. Tak hanya terlihat lebih kencang, metabolisme tubuh juga akan terjaga dan bisa membuatmu nampak terlihat awet muda. Jika ingin membentuk otot pada perut dan paha, kamu tak perlu melakukannya di gym. Kamu pun bisa melakukannya di rumah dengan gerakan ini.

Gerakan mengayuh sepeda: Tidurlah terlentang di lantai, letakkan kedua telapak tanganmu di belakang kepala dan tekuk lutut mendekati perut. Angkat bahumu dan putar ke arah kanan, dekatkan lutut kanan ke arah siku kiri sambil meluruskan kaki kiri seperti sedang bersepeda. Ulangi gerakan ini pada sisi satunya.
source: http://survivingdating.com/fat-attack-exercise-for-abs-the-bicycle-maneuver
Gerakan duduk mengambang: Duduklah dengan tegak pada kursi tanpa sandaran lengan. Pegang pinggiran kursi di samping pahamu, tarik nafas, kemudian angkat lututmu ke atas perlahan-lahan dan rasakan otot-otot perut yang tertarik. Tahan sebentar, kemudian turunkan kaki.
source: http://www.shape.com/fitness/workouts/abs-workout-stand-flat-stomach
Kamu bisa melakukan gerakan-gerakan di atas hingga beberapa set (1 set = 8 kali) jika diperlukan.

Hindari Stres

Stres merupakan penyakit emosional yang kerap menghampiri para wanita. Mulai dari perasaan cemas tentang jodoh, karier, keuangan, dan berbagai macam hal lainnya. Banyak hal yang bisa membebani pikiran kita dan menyebabkan stress. Tahukah kamu bahwa stres secara terus menerus bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung?
source: http://fosteringawareness.org/services/problem-solving-solution-finding/
Cara untuk menangani stres bukanlah dipikir secara terus menerus, tapi dipecahkan. Untuk menyelesaikan permasalahan, ambil kertas kosong dan bagi menjadi 3 kolom. Di kolom pertama, tuliskan segala permasalahanmu. Di kolom kedua, tuliskan risiko terburuk yang bisa terjadi jika segala kekhawatiranmu menjadi kenyatan. Di kolom terakhir, tuliskan 2-3 buah strategi untuk menyelesaikannya, dan tandai mana yang sekiranya bisa kamu lakukan. Kemudian lakukan. Jika ternyata gagal, lakukan opsi berikutnya.

Jika kamu memiliki masalah dengan percintaan, bicarakan langsung dengan pasanganmu. Jika kamu memiliki masalah dengan berat badan, konsultasikan dengan ahli gizi jika program diet yang kamu jalani tak mengalami perubahan. Ingat, segala masalah pasti ada penyelesaiannya. Jangan dipikir lama-lama dan segera selesaikan untuk menghindari stres.

Buat Hidup Lebih Berarti

Kesendirian dan kesedihan bisa membuat hidup terasa hampa. Tahukah kamu bahwa hidup yang lebih bahagia dan berarti bisa membangun daya tahan tubuh secara alami yang melawan kanker? Ya, hidup yang bahagia memang bisa mempengaruhi kesehatan seseorang. Oleh karena itu penting untuk membuat hidup ini lebih berarti.

Dalam membuat hidup agar lebih berarti, penting untuk membuat orang-orang di sekelilingmu tersenyum bahagia. Cobalah bantu kegiatan warga di kompleks perumahanmu, sesekali buat kue ulang tahun bikinan sendiri untuk teman, atau berpartisipasi dalam kegiatan amal sosial.
source: http://www.essentialbaby.com.au/life-style/nutrition-and-wellbeing/helping-a-friend-with-depression-or-anxiety-20130620-2okye.html
Membuat orang lain merasa bahagia tak harus selalu mengeluarkan uang. Luangkan waktumu untuk orang lain dan buat orang lain tersenyum sesering mungkin. Kebahagiaan yang kamu peroleh dengan membuat orang lain bahagia akan terasa jauh lebih berkesan dan membuat hidupmu berarti.