Kandungan Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil mengandung memiliki asam lemak antiseptik yang mencegah infeksi jamur dan bakteri yang merusak kulit sehingga dapat memperlambat timbulnya keriput. Minyak kelapa juga kaya antioksidan dan vitamin penting lainnya yang dapat membuat kulit lebih kenyal dan sehat. Tidak lupa dengan kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh kamu dari kerusakan yang memunculkan tanda-tanda penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas. Minyak kelapa mengandung emolien penting yang membantu mengurangi kerutan dan membuat kulit lebih lembut. Ditambah lagi minyak ini juga dapat melembabkan kulit. Tentunya minyak kelapa yang digunakan akan sangat baik jika benar-benar murni dan organik.
source: http://www.brambleberry.com/Virgin-Coconut-Oil-P5781.aspx

Manfaat Minyak Kelapa untuk Antiaging

Ada banyak manfaat dari minyak kelapa jika digunakan secara teratur. Sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif dalam mengatasi kerutan wajah dan masalah lainnya. Virgin coconut oil memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen. Tentunya hal ini akan meremajakan sel-sel kulit di epidermis. Meskipun minyak kelapa memiliki sifat antipenuaan, bukan berarti orang-orang tanpa keriput tidak mendapatkan khasiatnya. Memakainya di kulit membuat kulit lebih kenyal, lembut, dan awet muda. Artinya, akan mencegah penuaan dini. Jika kamu masih muda dan ingin menunda efek penuaan, oleskan minyak ini untuk mencegah garis-garis halus seperti di dahi, kerutan di sekitar mata, tangan, dan kaki. Dengan efek melembabkan, juga akan mencegah lipatan dan garis-garis halus.
source: http://www.healthyfoodstar.com/coconut-oil-is-great-for-the-skin/

Cara Menggunakan Minyak Kelapa Murni

Pemakaian minyak kelapa murni disarankan dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Hal ini agar minyak kelapa dapat tinggal semalaman tanpa gangguan. Sebelum dipakai, hangatkan dulu minyak kelapa tersebut sampai mencair. Pertama-tama, bersihkan kulit dari makeup, minyak, dan kotoran agar minyak kelapa dapat menyerap dengan baik. Jadi, bersihkan kulit kamu dengan benar. Setelah sudah memastikan kulit bersih, pastikan pula bahwa tangan yang akan digunakan sebagai "alat pijat" juga bersih. Cuci tangan sebelum menggunakan minyak di kulit. Pastikan minyak kelapa yang digunakan adalah murni 100% serta memiliki lauric acid minimal 40%. Tuangkan secukupnya ke telapak tangan lalu pakaikan kebagian kulit yang ingin kamu fokuskan mendapat perawatan, misalnya wajah. Pijat perlahan minyak tersebut dengan ujung jari dengan gerakan melingkar. Pijat sampai minyak terserap oleh kulit seluruhnya. Keesokan harinya, bilas wajah dengan air hangat untuk menghilangkan kelebihan minyak sehingga jumlahnya sesuai untuk kulit. Setelah itu, kamu dapat menggunakan pelembab yang biasa kamu gunakan. Jika tidak ingin menggunakannya sebelum tidur, kamu bisa menggunakan minyak kelapa murni lalu diamkan selama 20 sampai 30 menit untuk hasil maksimal sehingga minyak bisa terserap dengan baik.
source: http://healthimpactnews.com/2014/how-to-use-coconut-oil-in-your-skincare-routine/

Cara Lain: Minyak Kelapa, Buah, & Madu

Selain menggunakan minyak kelapa murni, kamu bisa menambahkan manfaatnya dengan menambahkan bahan alami lain yang akan meningkatkan khasiatnya. Salah satunya dengan menambahkan buah dan madu. Buah yang dapat digunakan, seperti buah pepaya, apel, semangka atau nanas. Buah-buah tersebut memiliki nutrisi penting dan antioksidan yang akan membantu minyak kelapa dalam memerangi keriput. Tumbuk buah pilihan, misalnya pepaya. Kamu juga bisa menambahkan lebih dari satu jenis buah saja untuk campuran. Setengah cangkir buah yang telah ditumbuk tersebut lalu tambahkan satu sendok minyak kelapa dan madu. Oleskan ke bagian kulit yang berkerut lalu biarkan selama 20 menit. Pijat perlahan, lalu bilas. Campuran minyak kelapa, buah, dan madu ini bisa kamu pakai tiga kali seminggu sebagai masker bahan alami untuk mengatasi penuaan.