Apa saja ya rahasianya untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat? Mari simak tips perawatan berikut untuk mengetahui cara merawat kulit wajah kamu agar tetap sehat dan berkilau.
source: http://3.bp.blogspot.com/-hhV-CyVP0_0/VSHZ2JI03uI/AAAAAAAAJ4s/MfyMhE4JDSQ/s400/kulit%2Bwajah%2Bsehat%2B2.jpg

1. Bersihkan Wajah Setiap Hari

Membersihkan wajah dari makeup dan kotoran yang menempel di wajah kita sangat penting. Karena jika wajah kamu kotor, maka pori-pori kulit kamu akan tersumbat dan kulit tidak dapat bernapas dengan baik. Untuk membersihkan wajah dengan menyeluruh, gunakan kapas yang telah diolesi cairan pembersih makeup. Bersihkan dengan lembut, jangan pernah menggosok wajah kamu dengan keras. Menggosok wajah hanya akan melukai kulit wajahmu. Sehabis membersihkan kulit wajah dengan menggunakan cairan pembersih wajah, bilas wajah kamu dengan menggunakan air hangat sambil memijatnya dengan lembut. Pijatan yang kamu berikan pada wajah dapat membantu merelaksasi kulitmu.
source: http://static.my.groupon-content.net/73/58/1399880515873.jpg
Ada juga cara lain untuk membersihkan wajah yakni dengan menggunakan sikat pembersih wajah. Caranya adalah oleskan cairan pembersih wajah di atas permukaan sikat pembersih, lalu nyalakan alat sikat pembersih wajah dan letakkan di wajahmu secara lembut. Jangan khawatir akan melukai wajah, karena sikat ini didesain khusus untuk kulit wajah. Tekstur sikatnya pun sangat lembut. Sikat wajah ini mampu untuk membersihkan kulit wajah hingga ke dalam pori. Jika pori-porimu bersih, maka kulit wajahmu akan terhindar dari jerawat dan komedo.

2. Gunakan Toner Setiap Hari pada Kulit Wajah

Sehabis membersihkan wajah, kamu perlu menggunakan toner. Banyak orang mengabaikan penggunaan toner karena dianggap tidak akan berpengaruh signifikan terhadap kulit mereka. Padahal penggunaan toner sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan PH kulit. Setelah membersihkan wajah, PH kulit akan terganggu. Untuk membantu menyeimbangkannya kembali, kita bisa menggunakan toner. Selain itu toner juga mampu melembabkan kulit sehingga kulit wajah kamu akan jauh terasa lebih rileks. Cara menggunakan toner adalah taruh sebagian toner di telapak tangan yang sudah dalam keadaan bersih. Lalu tepuk perlahan pada kulit wajah.
source: https://www.instagram.com/p/56q-nKD0Hm/?taken-by=joy.myshop
Dalam memilih toner wajah, harus disesuaikan dengan tipe kulit wajah kamu. Hindari penggunaan produk toner yang mengandung alkohol karena efeknya dapat membuat kulit jadi kering dan bisa kemerahan. Sebaiknya gunakan toner yang mengandung bahan-bahan alami. Selain itu hindari mengganti toner dengan es batu, karena es batu sama sekali tidak memiliki karakteristik yang sama dengan toner. Es batu hanya mampu membantu menutup pori-pori wajah saja.

3. Gunakan Water Sleeping Pack Sebelum Tidur

Penggunaan water sleeping pack sebelum tidur dapat menjadikan tidur kamu lebih nyenyak dan juga membantu mengangkat oksigen ke dalam kulit wajahmu sehingga keesokan harinya kulit akan tampak lebih cerah dan halus.
source: http://www.laneige.co.id/id/products/Skincare/Skin%20Care%20Line/Special%20Care
Selain water sleeping pack, ada juga water sleeping mask. Sebenarnya water sleeping mask adalah peningkatan kualitas produk dari water sleeping pack. Fungsinya sama-sama untuk melembabkan kulit dan menyejukkan kulit. Namun water sleeping pack dilengkapi dengan tambahan fungsi detox untuk mengeluarkan racun pada kulit wajah pada saat tidur.

4. Gunakan Masker Minimal Seminggu Sekali

Aktivitas sehari-hari akan membuat kulit wajahmu tampak kusam dan tidak bercahaya. Penggunaan masker dapat mengembalikan kesehatan kulit wajahmu. Masker sangat berguna untuk kecantikan kulitmu. Masker dapat mengencangkan kulit wajahmu yang kendur karena stres akan rutinitas harianmu. Selain itu masker juga dapat mengecilkan pori-pori wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, menenangkan kulit wajah, menenangkan kulit wajah, dan yang terakhir mencerahkan kulit wajahmu.
source: https://www.instagram.com/p/5w7FjQj0CB/?taken-by=joy.myshop
Masker wajah ada beberapa jenis, seperti masker bubuk, krim masker, dan masker topeng. Apapun jenis maskernya, asalkan digunakan secara rutin masker akan membantu merawat kesehatan kulitmu. Yang penting, gunakan masker yang sesuai dengan kulit wajahmu.

5. Lakukan Perawatan Rutin untuk Wajah Sebulan Sekali

Perawatan rutin untuk wajah seperti facial juga penting untuk merawat kesehatan kulit wajahmu. Facial membantu membersihkan kulit wajahmu dari kotoran yang mengendap dalam pori-pori. Pada saat facial, komedo dan lemak-lemak yang ada di wajahmu akan dikeluarkan. Kulit wajahmu juga akan dipijat untuk merelaksasi kulit. Ada banyak jenis facial, seperti deep cleansing facial, anti aging facial, acne treatment facial, dan masih banyak lagi. Jika ingin melakukan facial, pastikan kamu memilih jenis facial yang cocok untuk kulitmu.
source: http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650x325/2013/07/zap-perkenalkan-treatment-kecantikan-terbaru-photo-facial-skin-tightening-kepada-customer-menjela.jpg
Sebagian orang mungkin ragu untuk melakukan facial, karena biasanya facial akan membuat kulit merah selama beberapa jam bahkan lebih dari sehari. Bagi kamu yang takut akan facial dengan cara lama yang menyakitkan, kamu bisa mencoba photo facial. Treatment ini meliputi perawatan membersihkan komedo tanpa dipencet, mengeringkan jerawat menggunakan sinar, perawatan menghilangkan bekas jerawat, tak ketinggalan juga perawatan masker untuk mencerahkan kulit. Sehabis dimasker, wajah kita juga akan diberikan sunblock untuk melindungi wajah dari sinar UV. Setelah melakukan photofacial wajah akan terlihat lebih cerah karena jerawat dan komedo hilang. Selain itu facial juga bisa membantu dalam memudarkan flek hitam.