1. Memakai Eyeliner Terlalu Dekat Dengan Mata

Sebaiknya gunakan eyeliner di sepanjang bulu mata atau di atas garis mata. Tidak untuk garis mata bagian dalam. Eyeliner yang masuk ke lapisan tipis pelindung mata dapat menyebabkan iritasi. Lapisan pelindung mata yang robek bisa menyebabkan infeksi bahkan berpotensi merusak penglihatan.

2. Berbagi Makeup dengan Teman

Eyeliner dan lipstik yang digunakan bergantian bisa menimbulkan infeksi virus seperti konjungtivitis (radang selaput mata) atau herpes. Cara penularannya bisa terjadi karena kulit luka atau memiliki penyakit menular.

3. Kosmetik Kadaluarsa

Sama dengan produk makanan, kosmetik juga memiliki masa kadaluarsa. Biasanya karena penggunaannya yang terlalu lama kita seringkali lupa mengecek tanggal kadaluarsa. Kosmetik kadaluarsa menyimpan banyak bakteri bisa menyebabkan iritasi kulit yang berbahaya. Produk kosmetik seperti maskara dan eyeliner memiliki masa kadaluarsa lebih singkat dari produk lain yaitu 6 bulan. Sebaiknya perhatikan kosmetik yang digunakan sehari-hari.

4. Memakai Bulu Mata Palsu

Pilih lem bulu mata palsu yang bagus dan aman bagi mata. Produk lem untuk bulu mata palsu mengandung formaldehyde yang bisa menyebabkan iritasi mata. Khususnya untuk mata yang sensitif. Bila tidak hati-hati juga bisa menyebabkan bulu mata rontok.

5. Tidur dengan Makeup Lengkap

Meski lelah melanda, sebaiknya kamu tidak mengabaikan cuci muka. Makeup yang masih menempel dapat menghambat pori-pori dan bisa menyebabkan iritasi mata. Makeup mata umumnya mengandung minyak dan lilin, apabila mengenai mata akan menyumbat kelenjar dan mata bengkak.