1. Pastikan Rambut dalam Keadaan Kering

Saat potong rambut di salon, biasanya rambut akan dicuci terlebih dulu. Namun biasanya hairstylist baru akan menyentuh poni setelah keadaan rambut mulai kering. Jika kamu memotong rambut dalam keadaan basah, besar kemungkinan hasilnya akan berbeda dari yang kamu bayangkan. Oleh karena itu, gunakan hairdryer sampai rambut benar-benar kering.
source: http://www.totalbeauty.com/content/gallery/blow-dry-tutorial

2. Genggam Poni Searah dengan Arah Tumbuhnya

Ambil segenggam ponimu dengan lembut dan uraikan ke depan. Jika ponimu menyamping, genggam poni dengan arah miring. Posisikan ponimu pada arah yang diinginkan sebelum mengguntingnya. Jika kamu memiliki poni samping dan kamu mengguntingnya secara lurus, hasilnya bisa jadi kurang memuaskan.
source: http://pyxie.com/trends/tag/fringe/

3. Gunakan Gunting Khusus

Jangan gunakan gunting untuk memotong kertas, tapi gunakanlah gunting khusus untuk rambut yang tajam dan bersih. Kalau kamu merasa ragu, kamu juga bisa menggunakan gunting khusus kutikula agar lebih mudah dalam mengontrol jumlah rambut yang ingin digunting. Ukuran gunting yang kecil juga berguna untuk mencegah agar kamu tidak menggunting poni terlalu banyak.
source: http://kretzerusa.com/spirale-cuticle-scissors-3-5/

4. Arahkan Gunting Secara Vertikal

Jika kamu memotong poni dengan arah horizontal, ponimu akan terlihat rata dan lurus. Oleh karena itu, selalu pegang gunting dengan arah vertikal atau sejajar dengan arah tumbuh poni agar hasil potongan rambut terlihat lebih halus.
source: http://www.abirdsleap.com/2013/05/how-to-cut-your-own-bangs.html

5. Potong Sepanjang 0,5 Cm

Jangan menggunting rambut terlalu banyak, tapi gunting sedikit demi sedikit dan perlahan-lahan. Usahakan agar poni yang kamu gunting tidak melebihi 0,5 cm setiap kalinya. Jika dirasa kurang, kamu bisa menggunting 0,5 cm lebih pendek lagi hingga hasilnya dirasa memuaskan. Lebih baik gunting sedikit demi sedikit daripada terlalu banyak, kan?
source: http://www.wikihow.com/Get-Sideswept-Bangs

6. Mulai dari Tengah ke Samping

Selalu mulai dari tengah dan potong ke samping sedikit demi sedikit hingga mencapai bagian tengah alis, kemudian berhenti. Lihat hasilnya, jika dirasa hasilnya oke, maka teruskan hingga bagian pinggir dan lanjutkan pada sisi satunya. Trik ini juga berguna jika kamu ingin membentuk poni depan yang dinamis dengan panjang yang tidak rata.
source: http://hubpages.com/style/howtocutyourownhairhomehaircut