source: http://www.semberani.com/lindungi-kulit-dari-sinar-matahari-ala-sewa-mobil-semarang/
Dampak buruk sinar matahari bukan hanya membuat kulit menjadi lebih gelap. Sinar ultraviolet (UV) yang dihasilkan oleh matahari dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan kulit kita. Paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan penuaan kulit lebih cepat dari usia sebenarnya. Sinar matahari juga menyebabkan penipisan kulit hingga kanker kulit.Untuk meminimalisir kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan.
Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melindungi diri kita dari dampak buruk paparan sinar matahari:

1. Menggunakan Sunscreen Atau Tabir Surya

source: http://www.dietrendahkalori.com/artikel-tentang-kesehatan/cara-menggunakantabir-surya-sun-block/
Gunakan sunscreen minimal yang mengandung SPF 15 atau lebih tinggi untuk perlindungan maksimal. Terutama di wilayah tropis seperti Indonesia, disarankan menggunakan sunscreen yang memiliki SPF 30 atau lebih untuk bekerja lebih baik menangkal paparan sinar UV. Selain itu, pilih sunscreen yang mengandung anti UVA dan anti UVB (perhatikan pada kemasan produk sunscreen atau tabir surya, biasanya tertulis pada kemasan tersebut). UVA atau sinar ultraviolet A menyebabkan penuaan kulit dini dan dapat menyebabkan kanker kulit. Sedangkan UVB atau sinar ultraviolet B dapat menyebabkan kulit terbakar dan mengakibatkan kanker kulit. Gunakan sunscreen 20-30 menit sebelum keluar rumah untuk penyerapan ke dalam kulit. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali setelah 2-4 jam. Apabila akan melakukan kegiatan berenang, sebaiknya gunakan sunscreen yang tahan air.

2. Lindungi Dengan Menggunakan Perlindungan Fisik

source: http://www.widaku.com/2015/03/bagaimana-cara-melindungi-kulit-dari-sinar-uv.html
Gunakanlah perlindungan fisik, seperti pakaian tertutup dan kacamata. Pakaian yang digunakan haruslah yang berserat rapat. Sedangkan untuk kacamata, gunakan kacamata berwarna hitam atau kacamata anti UV. Kenakanlah perlindungan tersebut meskipun sudah menggunakan sunscreen agar lebih terjamin perlindungannya. Hindari pakaian berwarna hitam, karena warna hitam dapat menyerap panas sehingga membuat tubuh menjadi lebih cepat berkeringat dan panas. Gunakanlah pakaian yang berwarna putih atau terang, sehingga dapat memantulkan sinar matahari. Jika sedang mengendarai motor, jangan lupa mengenakan masker atau syal dan sarung tangan untuk menutupi wajah, leher dan tangan.

3. Carilah Tempat yang Teduh

source: https://blog.tokopedia.com/2015/09/dengan-tips-ini-nggak-perlu-lagi-takut-kulit-jadi-hitam-karena-matahari/
Usahakan hindari terpapar sinar matahari mulai pukul 10.00 hingga pukul 14.00, karena pada waktu tersebut matahari begitu menyengat dan intensitas sinar UVB sedang berada di puncaknya. Jika tidak dapat menghindar pada waktu tersebut dan terpaksa harus berada dibawah sinar matahari, lindungilah diri dengan menggunakan payung (lebih baik gunakan payung yang ada lapisan berwarna silver).
Dengan mengikuti tips tersebut, setidaknya kita sudah berusaha melindungi diri dan meminimalisir kerusakan yang muncul akibat paparan sinar matahari yang berbahaya. Tentunya, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Semoga bermanfaat.