source: http://daunbuah.com/cara-make-up-yang-baik-dan-benar/
Fungsi makeup adalah untuk memperindah penampilan dan menutup kekurangan pada kulit wajah, sehingga menambah rasa percaya diri seseorang. Cara bermakeup pun tidak sama dalam setiap kondisi. Sessuaikan makeup dengan acara yang hendak kita lakukan, misalnya makeup tipis dan natural untuk kegiatan sehari-hari seperti ke kampus atau kantor, dan makeup glamor untuk acara pesta.
Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara berdandan dengan makeup untuk tampilan natural, berikut langkah-langkahnya:

1. Bersihkan Wajah

source: http://stokisglucolife.com/cara-membersihkan-wajah/
Pastikan wajahmu dalam keadaan bersih sebelum menggunakan make up. Bersihkan wajah dengan facial foam, setelah itu keringkan dengan cara ditepuk-tepuk lembut dengan handuk kering. Setelah itu, gunakan pelembab atau moisturizer yang cocok dengan warna dan jenis kulit. Kamu juga bisa mengaplikasikan pelembab atau moisturizer bersamaan dengan foundation.

2. Gunakan Foundation

source: https://sg.celebrity.yahoo.com/news/haha-and-byul-a-match-made-in-heaven-083809949.html
Foundation berfungsi membantu meratakan warna kulit yang belang. Untuk hasil yang lebih natural dan merata, alangkah baiknya jika menggunakan kuas khusus untuk foundation pada saat mengaplikasikannya. Pemilihan warna pada foundation juga tidak bisa sembarangan. Karena kunci dari make up yang hasilnya bagus adalah pemilihan foundation yang sesuai dengan warna kulit. Pilihlah warna foundation yang satu tingkat lebih gelap dari warna kulit kita. Kamu juga bisa mencoba untuk mencampur dua atau tiga warna foundation untuk lebih menyamarkan warna kulit agar terlihat natural dan tidak terkesan seperti memakai topeng.

3. Gunakan Concealer

source: http://makeup.lovetoknow.com/Applying_Makeup_for_Dummies
Concealer berguna untuk menutupi kekurangan pada kulit wajah seperti menyamarkan noda hitam bekas jerawat, menutupi warna kulit yang tidak rata, dan menyamarkan kantung mata yang hitam. Ada berbagai macam bentuk concealer, diantaranya berbentuk stick, cream, dan liquid. Dalam mengaplikasikan concealer dengan jari, gunakanlah jari manis, karena jari manis biasanya lebih halus permukaannya, lebih mudah dikontrol gerakannya, dan lebih ringan. Gunakan concealer setelah menggunakan foundation.

4. Gunakan Bedak

source: http://www.sabrinatajudin.com/2015/05/best-powder-brush-face-luxe-brush-by.html
Agar makeup terlihat lebih natural dan alami, gunakanlah kuas dalam mengaplikasikan bedak padat atau tabur pada wajah, karena dapat memberi hasil bedak terlihat ringan namun wajah tetap tertutup sempurna.

5. Gunakan Pensil Alis

source: https://www.pinterest.com/marleybyorick/fo-real-tho/
Gunakan pensil alis untuk membingkai wajah dengan sempurna. Caranya dengan mengarsir perlahan dari bagian ujung dalam alis hingga ke bagian ujung luar alis, sesuai dengan arah rambut alis.

6. Gunakan Eye Shadow

source: http://www.topinspired.com/top-10-tutorials-for-natural-eye-make-up/
Tutorial selanjutnya yaitu pemakaian eye shadow. Sebelum itu aplikasikan concealer terlebih dahulu pada kelopak matamu agar warna eye shadow semakin keluar dan tahan lama. Gunakan warna-warna yang natural dan soft seperti pink soft, salem, coklat muda, orange pastel, dan warna natural lainnya. Aplikasikan eye shadow tipis saja agar tetap terkesan natural.

7. Gunakan Eyeliner (Opsional)

source: http://www.nidyaulfa.com/2014/06/tips-make-up-korea-mudah-sederhana.html
Kamu bisa mengaplikasikan eyeliner sebagai tambahan untuk memperindah kelopak mata dan membuat mata terlihat lebih besar. Penggunaan eyeliner ini sifatnya opsional saja, kamu boleh menggunakannya, boleh tidak. Ada berbagia jenis eyeliner seperti liquid, gel, dan pensil. Cara mengaplikasikannya dengan menarik garis mulai ujung mata bagian dalam hingga mengarah keluar. Lakukan dengan hati-hati yah untuk membuat garis yang tipis.

8. Gunakan Maskara

source: http://www.viewpoints.com/expert-reviews/2014/01/23/best-mascara-brands-for-sensitive-eyes/
Lentikkan bulu mata menggunakan penjepit bulu mata sebelum menggunakan maskara. Setelah itu, aplikasikan maskara yang waterproof agar tidak luntur ketika kita berkeringat ataupun terkena air. Aplikasikan maskara secara tipis saja untuk hasil yang terkesan natural.

9. Gunakan Blush On

source: http://www.loustevens.com/lets-get-cheeky-5-tips-for-wearing-blush/
source: http://fridaays.com/2015/11/18/how-to-wear-lipstick-for-good-results/
Aplikasikan blush on menggunakan jari untuk hasil yang lebih natural. Jika menggunakan kuas, tepuk-tepuk perlahan sebelum disapukan ke pipi. Gunakan blush on sedikit saja agar terlihat alami dan tidak berlebihan. Pilih warna natural, seperti warna merah muda, oranye, atau peach. Dan yang terakhir, gunakan pelembab bibir dan oleskan lipstik yang berwarna natural seperti peach, nude atau soft pink.
Untuk lebih jelas cara mengaplikasikannya, berikut video tutorial yang bisa kamu tonton.
youtube:PCe3e23WzkU
source: https://www.youtube.com/watch?v=PCe3e23WzkU
Fresh & Natural Makeup Tutorial [Indonesian Sub] | DXB ♡