Kulit wajah yang kering dan sensitif ini bisa membuat rasa percaya diri kamu menurun, Beautynesian. Terutama, ketika suhu udara yang panas atau terlalu lama terkena paparan air conditioner (AC). Kelembaban alami kulit menjadi sangat sedikit dan tidak bisa melindungi kulit dengan baik. Sehingga, tak jarang warna kulit akan berubah menjadi kemerahan atau terlihat tidak rata di beberapa area wajah.
Selain dari suhu udara yang panas dan paparan AC, terkadang ketika usai mencuci muka Beautynesian akan cenderung menggosoknya dengan handuk. Hal ini bisa membuat kulit wajah menjadi lebih mudah iritasi. Maka, tak jarang ketika kamu mengaplikasikan pelembab akan merasa perih dan terasa gatal. Berikut beberapa tips untuk melembabkan kulit wajah dengan jenis kering dan sensitif.

1. Suhu Kulit

Ketika udara panas, suhu kulit juga akan meningkat dan menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Dalam ruangan ber-AC terlalu lama juga dapat mengurangi kelembaban kulit. Bila terlalu lama dibiarkan, kulit akan lebih cepat iritasi, gatal, hingga mengeluarkan kerutan halus di wajah. Untuk itu, saat sebelum atau tidak menggunakan makeup pastikan suhu kulit berada digaris normal. Dengan cara, mengaplikasikan masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
Sebelum itu, siapkan essential oil atau moisture cream. Tuangkan essential oil sedikit ke telapak tangan dan ratakan. Kemudian, oleskan pada setiap bagian wajah hingga terasa lebih lembab. Tujuannya untuk memberikan nutrisi pada kulit. Ketika sudah rata, masker wajah bisa langsung diaplikasikan di apple zone atau area pipi. Tunggu selama 15 menit atau hingga masker mengering.

2. Pelembab

Setelah dibersihkan sisa masker dengan menggunakan sponge. Kamu bisa menggunakan mist dan krim wajah yang mengandung pelembab. Disarankan untuk tidak menggunakan banyak jenis produk krim wajah, walaupun tertulis mengandung pelembab. Cukup pilih 1 atau 2 krim wajah yang paling banyak mengandung pelembab, agar kulit bisa beradaptasi dan menyerapnya dengan baik.
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/40926-mencari-pelembab-wajah-terbaik-untuk-kulit-kering.html
Jika Anda ingin memakai krim pelembab, gunakan krim yang berlabel "Noncomedognic" atau zat yang tidak dapat menimbulkan komedo karena berbahan dasar air. Selain itu, sebaiknya Anda mencari pelembab yang mengandung humectants, emmoliants, dan occlusives.
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/40926-mencari-pelembab-wajah-terbaik-untuk-kulit-kering.html
Proses penggunaan krim wajah, bisa dimulai pada bagian yang paling sensitif terlebih dahulu. Biasanya, area wajah yang mudah sensitif yakni area pipi atau disebut apple zone. Oleskan terlebih dahulu pada apple zone dan ratakan ke arah luar (dari area dekat hidung ke arah telinga). Lalu, kamu bisa mengoleskan lagi pada area wajah lainnya hingga rata. Jangan lupa, agar kelembaban dari krim wajah menyerap dengan sempurna, kamu bisa menepuk-nepuknya dengan perlahan.
Untuk memastikan kulit tidak kering dan sensitif kembali, kamu bisa semprotkan mist ke sponge atau beauty blender. Lalu, tepuk-tepuk ke seluruh wajah dengan cepat. Bila dirasa mist yang disemprotkan kurang, kamu bisa menambahkan lagi hingga terserap dengan baik. Tujuannya agar kelembaban tetap berada di kulit saat menggunakan makeup dan mengurangi rasa gatal.

3. Makeup

Pada saat proses makeup, kulitnya bisa terlihat memerah di beberapa area. Untuk menutupinya, bisa menggunakan foundation berwarna kuning. Cara pengaplikasikannya, cukup dioleskan pada bagian yang memerah dan pada T-zone (dahi dan hidung). Tahapan selanjutnya untuk make up dasar, kamu bisa hanya menggunakan concealer dengan warna yang berbeda, yakni merah muda dan kuning. Warna merah muda digunakan untuk menutupi area yang gelap, seperti kantung mata. Sedangkan warna kuning digunakan di area yang tadi terlihat memerah.
Selamat mencoba, Beautynesian.