Rajin Menggunakan Sunscreen

Paparan sinar UV matahari dapat merusak jaringan kolagen pada kulit. Jaringan kolagen berfungsi untuk menjaga sifat kenyal dan elastis pada kulit. Kerusakan jaringan kolagen pada kulit dapat menyebabkan kulit kendur. Akibatnya, jika jaringan kolagen ini rusak, maka pori-pori akan semakin membesar karena kulit susah untuk kembali ke bentuk semula. Agar tidak memperparah tampilan pori-porimu, lindungilah wajah dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen atau sunblock. Selain itu, kamu juga harus menghindari paparan sinar matahari langsung. Sebisa mungkin tidak berada di area terbuka yang dapat membuat kulitmu terpapar sinar matahari.
source: http://thestylespy.com/2011/06/here-comes-the-sun/

Penuhi Kebutuhan Air Tubuh

Kulit yang kering rentan terhadap masalah kerutan atau mengendur. Jagalah agar kulit tetap dalam keadaan lembap dengan cara mengonsumsi air sesuai kebutuhan. Pada umumnya, konsumsi air yang sehat adalah sebanyak 8 gelas per hari. Namun aktivitas fisik dan berat badan setiap orang juga dapat membuat kebutuhan airnya berbeda. Tubuh yang tercukupi asupan air akan terhidrasi dengan baik, tak terkecuali kulit.
source: http://www.cairnspost.com.au/news/special-features/top-tops-for-ensuring-you-have-enough-drinking-water-during-and-after-a-cyclone/story-fnjz9tr1-1226768696095

Memakai Lotion atau Serum Pelembap

Jika wajahmu kurang lembap meskipun sudah minum air, cobalah membantunya dengan memakai serum pelembap sebelum memakai moisturizer. Agar krim dan serum pelembap dapat bekerja dengan baik di kulit, eksfoliasi kulitmu secara rutin agar kandungan krim dan serum tersebut dapat meresap secara maksimal ke dalam kulit tanpa terhalang oleh kotoran dan sel kulit mati.
source: http://blogs.telegraph.co.uk/culture/tomchivers/100050639/collagen-skin-creams-a-waste-of-money-say-scientists-well-they-have-been-saying-it-for-years/

Rutin Melakukan Facial

Selain untuk menghilangkan jerawat, facial berguna untuk mengambil sisa kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga wajah tampak lebih halus dan bersih. Dengan begitu, perawatan facial secara rutin satu hingga dua bulan sekali dapat menyamarkan pori-pori wajahmu. Kunjungilah klinik kecantikan terdekat untuk mendapatkan perawatan facial. Walaupun ada banyak tawaran perawatan facial dengan harga yang sangat murah, janganlah mudah percaya. Percayakan facial hanya pada ahlinya karena jika facial dilakukan secara salah atau kurang higienis, justru akan timbul masalah kulit baru lainnya.
source: http://www.sheknows.com/beauty-and-style/articles/810010/the-importance-of-regular-facials
Facialists and estheticians are able to treat the condition of enlarged pores and help minimize their appearance. A salon or spa visit with a professional is a wonderful way to seek advice and treatment options for enlarged pores.
source: http://skincare.lovetoknow.com/skin-care-treatments/minimize-pore-size-face

Menjaga Kebersihan Wajah

Rajin membersihkan wajah, terutama membersihkan sisa makeup sebelum tidur, dapat mengurangi risiko pori-pori melebar. Jika pori-pori terisi kotoran (dalam hal ini sisa makeup), maka pori-pori akan tersumbat dan jika dibiarkan lama-kelamaan ukurannya pun juga akan melebar. Oleh sebab itu, membersihkan kulit wajah dari sisa kotoran dan sel kulit mati agar wajah tetap bersih adalah hal penting untuk terhindar dari masalah pori-pori lebar.
source: http://beautyologyskincare.com/skin-care/healthy-skin-care-in-4-easy-steps/
Cleaning helps to dissolve makeup, remove dirt, oil and grime that can build up on your face throughout the day. Be sure to clean your face at night before bed, so you don't have all that dirt sitting on your skin and clogging pores during the night.
source: http://beautyologyskincare.com/skin-care/healthy-skin-care-in-4-easy-steps/

Memakai Primer

Selain digunakan untuk membuat foundation agar lebih tahan lama, ternyata primer juga dapat menyamarkan tampilan pori-porimu, lho. Gunakan primer sebelum kamu memakai foundation. Ini adalah salah satu cara menyamarkan pori-pori wajah dengan makeup.
source: http://tabloidnova.com/Mode-Dan-Kecantikan/Kecantikan/Beauty-Balm-Face-Primer-Formula-Multifungsi-Riasan-Wajah

Kunjungi Ahli Dermatology

Jika semua cara sudah dilakukan namun tak kunjung membuahkan hasil, ada satu cara instan yang akan membantumu mengecilkan pori-pori, yaitu dengan menggunakan metode laser. Metode ini hanya dapat dilakukan oleh para pakar kulit (dermatologist) yang berpengalaman. Dengan bantuan sinar laser, kamu dapat mengecilkan pori-pori karena laser ini bekerja dengan membangun kolagen yang dapat mengembalikan elastisitas kulitmu.
source: http://www.internetbillboards.net/2014/12/31/how-to-choose-the-best-dermatologist/