1. Bersihkan Wajah

Untuk kulit berminyak bersihkan wajah dua kali sampai tiga kali sehari. Jangan berlebihan karena bisa menyebabkan kulit kering. Bersihkan wajah dengan facial wash yang mengandung 2% salicylic acid yang mampu mengurangi minyak pada pori-pori wajah tanpa membuat kulit kering.

2. Perawatan Wajah

Untuk perawatan wajah gunakan yang berbahan dasar lotion atau serum karena teksturnya lebih ringan. Selain itu, juga mudah meresap ke pori-pori dan tidak meninggalkan banyak minyak pada wajah. Bisa juga memilih produk yang memiliki kandungan salicylic acid atau glycolic acid dan anti-inflamasi untuk menyeimbangkan kadar minyak dan memberikan efek relaksasi.

3. Pola Makan Sehat

Sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas karena dapat mempengaruhi kadar minyak pada kulit. Pilih makanan sehat berupa sayuran dan buah-buahan seperti wortel dan bayam yang mengandung vitamin A untuk menghambat produksi minyak berlebihan.

4. Memilih Foundation yang Tepat

Gunakan foundation dengan formula yang bebas minyak (oil free) atau mineral foundation yang dapat menyerap air. Bila tidak menggunakan foundation bisa pilih tinted moisturizer yang lebih ringan.

5. Oil-Botting paper

Untuk mengurangi minyak gunakan oil-botting paper, tepuk-tepuk lembut pada area berminyak. Kemudian bubuhkan loose powder agar tampak lebih segar. Sebaiknya tidak menggunakan spons bedak untuk mengurangi kilap pada wajah. Spons dapat menimbun minyak dan kuman.