Suplemen Creatin

Suplemen creatin biasanya dikonsumsi atlet atau olahragawan atau seseorang yang ingin meningkatkan masa otot. Creatin sendiri adalah asam organik yang diproduksi di dalam hati dan ginjal yang kemudian menyalurkan energi ke seluruh tubuh. Jika kamu mengkonsumsi creatin secara berlebihan dan dalam jangka panjang tentunya akan mempunyai efek samping berupa penambahan berat badan, kerusakan hati dan ginjal, diare dan mual, kram otot, serta dehidrasi jair dari tubuh juga bisa timbul karena kurangnya cairan dalam tubuh yang disebabkan suplemen creatin menarik air dari tubuh ke otot.

Suplemen Vitamin E

Ketika suplemen berupa vitamin E dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan akan membawa manfaat, akan tetapi jika vitamin E dikonsumsi secara berlebihan atau melebihi dosis yang sudah dianjurkan tentunya akan menimbulkan beberapa efek samping yang justru mengganggu kesehatan kamu. Efek samping dari mengkonsumsi vitamin E secara berlebihan antara lain penyakit jantung dan stroke. Vitamin E bisa meningkatkan risiko pendarahan saat terjadi stroke. Bahkan sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa pria yang mengkonsumsi vitamin E dalam jangka panjang mempunyai tingkat risiko lebih tinggi terkena kanker prostat.
source: http://sentrasunatdewasa.com/konsumsi-vitamin-e-berlebihan-meningkatkan-resiko-kanker-prostat/

Suplemen Vitamin C

Jika kamu salah satu pengkonsumsi suplemen berupa vitamin C maka sebaiknya minumlah tidak lebih dari 1 gram sehari, karena jika melebihi 1 gram ada kemungkinan terjadi diare. Selain itu, untuk pemakaian jangka panjang dengan dosis berlebih juga memicu penyakit batu ginjal. oleh karena itu, jika kamu minum suplemen berupa vitamin C setiap hari imbangi dengan banyak mengkonsumsi air putih juga.

Suplemen Vitamin B

Jika berlebihan dalam mengkonsumsi suplemen berupa vitamin B tentunya juga berbahaya. Bisa terjadi alergi berupa gatal atau ruam, pusing, mual dan diare. Oleh karena itu jangan asal mengkonsumsi suplemen. Konsultasikan dengan dokter atau akan lebih baik lagi jika vitamin B didapat dari makanan sehari-hari.
source: http://www.tribunnews.com/kesehatan/2013/07/17/bebas-gangguan-saraf-kalau-rajin-mengasup-vitamin-b-kompleks

Suplemen Omega 3

Omega 3 atau minyak ikan bermanfaat untuk mengatasi gejala berupa kelelahan, kulit kering, masalah jantung, masalah sirkulasi darah dan daya ingat. Kelebihan dalam mengkonsumsi minyak ikan bisa menyebabkan bau mulut (nafas bau ikan), nyeri ulu hati, mual dan diare. Selain itu perhatikan jika kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan seperti obat diabetes, kolesterol atau penurun tekanan darah hendaknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Suplemen Kalsium

Suplemen kalsium memang bermanfaat untuk tulang dan mencegah osteoporosis, namun tahukah kamu jika mengkonsumsi suplemen kalsium juga bisa meningkatkan resiko serangan jantung? Hal ini dikarenakan dari suplemen kalsium sebenarnya sedikit yang bisa terserap oleh tubuh dan akan terakumulasi dalam darah. Mengkonsumsi suplemen kalsium juga hendaknya bersamaan denga vitamin D, karena vitamin D memabntu proses penyerapan kalsium oleh tubuh.
source: http://www.ibu-hamil.web.id/2015/03/merk-suplemen-untuk-ibu-hamil-aman.html
Jika tidak dirasakan perlu mengkonsumsi suplemen maka sudah cukup kiranya dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral serta nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Selain lebih sehat, tentunya akan mudah dan lebih baik diserap oleh tubuh sehingga tidak menimbulkan efek samping yang justru berbahaya untuk kesehatan.