Bentuk Wajah Bulat

a. Rambut Pendek
source: http://www.allure.com/hair-ideas/2011/find-the-best-haircut-for-your-face-shape#slide=5
Bagi pemilik wajah bulat yang ingin memiliki potongan rambut pendek dapat memilih gaya pixie seperti yang dilakukan oleh Ginnifer Goodwin. Potongan rambut ini dapat membantu mempertegas tulang pipi dan mata. Tulang pipi dapat terlihat lebih menonjol dengan gaya rambut super pendek ini.
b. Rambut Medium
source: http://www.allure.com/hair-ideas/2011/find-the-best-haircut-for-your-face-shape#slide=6
Cobalah potongan rambut dengan layer dramatis hingga melewati dagu dan semakin memendek di bagian belakang (bagian tengkuk). Potongan ini dapat memberikan struktur dan sudut, serta menyeimbangkan bentuk wajah yang bulat.
c. Rambut Panjang
source: http://www.instyle.com/hair/find-perfect-cut-your-face-shape#305569
Potongan rambut dengan layer hingga melewati garis rahang akan membuat tampilan rambut yang lebih penuh, tanpa membuat wajah terlihat lebih lebar. Potongan layer akan menyamarkan bagian samping wajah dan menonjolkan ujung dagu.

Bentuk Wajah Oval

a. Rambut Pendek
source: http://www.instyle.com/hair/find-perfect-cut-your-face-shape#305542
Rambut super pendek seperti pixie yang edgy juga sangat cocok untuk pemilik wajah dengan bentuk oval. Potongan rambut ini dapat menyamarkan rahang yang terlalu menonjol, dan potongan layer yang sedikit berombak pada bagian atas dapat menyamarkan tampilan dahi yang lebar.
b. Rambut Medium
source: http://www.allure.com/hair-ideas/2011/find-the-best-haircut-for-your-face-shape#slide=9
Rambut bob dengan panjang sebahu dan poni samping dapat membantu tampilan wajah yang terlihat panjang. Potongan ini dapat menciptakan keseimbangan bentuk wajah dan mengalihkan perhatian dari area dagu.
c. Rambut Panjang
source: http://www.instyle.com/hair/find-perfect-cut-your-face-shape#305518
Potongan layer yang ditambah dengan sedikit tekstur curly dan poni penuh dapat menyamarkan bentuk rahang yang terlalu menonjol. Poni lurus di atas garis alis mampu menciptkan ilusi sehingga dapat meminimalkan bentuk rahang yang panjang.

Bentuk Wajah Persegi

a. Rambut Pendek
source: http://www.allure.com/hair-ideas/2011/find-the-best-haircut-for-your-face-shape#slide=11
Potongan rambut bob yang meruncing hingga tepat di garis dagu sangat cocok dengan pemilik wajah persegi. Buatlah sedikit tekstur pada rambut, seperti yang dilakukan Kiera Knightley, untuk mengimbangi garis rahang yang tajam.
b. Rambut Medium
source: http://www.instyle.com/hair/find-perfect-cut-your-face-shape#305527
Potongan layer tipis sepanjang bahu yang dimulai dari ujung poni samping seperti Olivia Wilde ini juga sangat cocok bagi pemilik bentuk wajah persegi. Potongan layer seperti ini dapat menyamarkan bentuk rahang yang menonjol.
c. Rambut Panjang
source: http://www.allure.com/hair-ideas/2011/find-the-best-haircut-for-your-face-shape#slide=13
Jika memilih potongan rambut panjang, Megan Fox memberikan contoh yang sempurna untuk pemilik bentuk wajah persegi. Berikan sedikit tekstur bergelombang dari bagian bawah telinga hingga ujung rambut. Hal ini dapat meminimalkan tampilan bentuk rahang yang tajam.