Flek bisa berbentuk freckles atau bintik-bintik hitam, muncul di tempat yang sering terpapar sinar matahari. Karena pengendapan pigmen dan kulit yang sensitif terhadap sinar ultraviolet. Sedangkan flek yang melebar dinamakan melasma. Terjadi karena kombinasi sinar ultraviolet dan hormon tubuh. Berikut 6 hal yang bisa mencegah flek hitam yang muncul pada wajah.

Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Untuk menghindari matahari secara langsung bisa memakai payung atau topi lebar saat keluar rumah. Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat khususnya pada kulit. Namun tidak untuk sinar matahari diatas jam 09.00. Selain itu disarankan memakai sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit. Tabir surya dengan SPF 15 untuk kegiatan sehar-hari dan SPF 30 untuk paparan sinar matahari yang intens.
source: http://skin.co.id/cara-tepat-menggunakan-tabir-surya/

Menggunakan Scrub dan Masker

Bila flek hitam sudah muncul sedikit bisa lakukan perawatan ini di rumah. Dengan rajin melakukan scrub dan masker dapat mengurangi flek hitam. Pilih scrub dan masker yang bisa mencerahkan kulit.
source: https://maskerwajahcici.wordpress.com/

Hati-Hati Menggunakan Produk Kosmetik

Produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit menjadi salah satu penyebab timbulnya flek. Pilih juga produk kosmetik yang terjamin dan juga sudah dilakukan penelitian secara klinis. Saat ini banyak produk kosmetik berbahaya yang beredar di pasaran dengan hasil instan. Padahal kulit membutuhkan proses untuk mencapai hasil yang maksimal.

Mikrodermabrasi

Saat masuk usia 30an metabolisme tubuh mulai melambat. Mikrodermabrasi adalah teknik pengangkatan sel kulit mati dengan alat yang digosokkan pada wajah. Wajah seperti diamplas menggunakan tip (aplikator). Regenerasi kulit harus dibantu dengan teknik ini seminggu sekali. Sehingga menghasilkan kulit bersih dan cerah. Selain itu kamu juga menggunakan krim malam untuk membantu regenerasi kulit.
source: http://www.teruskan.com/4420/memperlambat-datangnya-penuaan-dengan-mikrodermabrasi.html

Suplemen

Suplemen makanan dapat membantu menjaga kondisi kulit tetap sehat. Pilih suplemen yang memang fokus untuk memudarkan flek hitam dan perhatikan juga kandungan yang terdapat di dalamnya.

Perawatan Bahan Alami

Bahan alami seperti susu, pepaya dan lemon memiliki kandungan pencerah. Lakukan perawatan dengan membuat masker pada wajah. Pepaya mengandung enzim papain untuk mengangkat sel kulit mati dan flek hitam. Lemon diperkaya dengan vitamin C yang bisa memudarkan noda gelap pada kulit. Selain itu, susu juga bisa melawan flek hitam dan mencerahkan wajah.
source: http://manfaatbagus.com/segudang-manfaat-susu.html