Secara umum hal yang perlu diperhatikan saat mencuci muka adalah cara memakai facial foam. Pertama, pilih facial foam yang sesuai dengan kulit bisa berbentuk pasta atau cairan. Kedua, tuang gel atau cairan pada telapak tangan kemudian beri dengan sedikit air agar berbusa. Setelah itu usapkan pada wajah secara merata. Sebenarnya busa inilah yang bermanfaat untuk kulit wajah. Nah, berikut tata cara cuci muka yang harus diperhatikan sesuai dengan jenis kulit.

Kulit Kering

Bagi pemilik kulit kering bisa mencuci muka dengan air hangat tanpa memakai pembersih wajah. Kemudian, bisa memakai pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kering. Agar kelembapan kulit tetap terjaga dengan terus menghidrasi kulit wajah. Bersihkan wajah dengan pembersih yang sekaligus ada moisturizer-nya.
source: http://griyaakucantik.com/blog/penyebab-kulit-kering-dan-gatal-kusam-bersisik

Kulit Berminyak

Produksi minyak yang berlebihan pada wajah membutuhkan perhatian khusus. Pasalnya wajah berminyak mudah mengendapkan debu dan polusi. Sehingga pori-pori mudah tertutup dan mudah timbul jerawat. Untuk kulit berminyak kamu bisa melakukan cuci muka dua kali sehari bisa pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Sebaiknya pilih makeup atau produk kecantikan yang bebas minyak. Gunakan juga toner atau penyegar agar wajah lebih rileks.
source: http://www.stanfordcenter.com/blog-layout/37-manul-book-ot/328-benarkah-kulit-berminyak-bikin-awet-muda

Kulit Normal

Meskipun memiliki kulit wajah normal bukan berarti bebas dari masalah. Umumnya wanita memoleskan banyak produk makeup seperti pelembap, foundation, tabir surya sampai bedak. Jadi, proses membersihkan wajah harus tuntas. Apalagi saat ini banyak produk kecantikan yang memiliki formula yang tahan lama.
source: http://kulitputihalami.info/5-merk-sabun-cuci-muka-untuk-kulit-berjerawat-yang-bagus-dan-murah/
Lakukan cuci muka dua kali sehari dengan pembersih muka untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Bisa juga dengan memakai scrub wajah tapi hindari penggunaannya setiap hari agar kulit tidak kering. Kemudian, oleskan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit.

Kulit Berjerawat

Salah satu jenis kulit yang sangat sensitif khususnya saat menggunakan produk kecantikan. Kamu bisa mencuci muka dua kali sehari dengan pembersih khusus jerawat. Setelah cuci muka tepuk-tepuk dengan handuk bersih perlahan-lahan untuk mengeringkan wajah. Sebaiknya tidak diusap agar jerawat tidak semakin meradang. Kemudian gunakan krim khusus anti jerawat.
source: http://pusatnanospraymci.com/menghilangkan-jerawat-dengan-glucola-mci/