Berbeda dengan acara pesta, makeup natural biasanya memilih warna-warna nude, warna muda atau mendekati warna kulit. Warna nude memberikan kesan ringan dan halus pada tampilan wajah. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat makeup wajah tampak natural.

Wajah

Gunakan pelembap pada seluruh wajah secara merata agar makeup tidak mudah luntur. Kemudian base makeup untuk mengikat alas bedak. Agar wajah tampak segar, aplikasikan foundation compact menggunakan spons. Foundation bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Setelah itu, bubuhkan bedak tabur menggunakan kuas besar agar lebih merata. Bedak tabur dapat mencegah keringat yang merusak riasan saat udara panas. Bila menggunakan bedak padat cukup ditepuk-tepuk saja.

Mata

Bisa menggunakan eyeshadow base lebih dahulu agar eyeshadow bisa menempel. Pilih eyeshadow yang warnanya lebih natural, cokelat bronze atau warna muda. Bisa juga memilih eyeshadow kelabu pucat, aplikasikan pada kelopak mata dan biarkan pudar pada lipatannya. Gunakan pensil alis untuk mempertegas dan membentuk alis. Bisa pilih warna hitam atau kelabu gelap dari tulang hidung ke sudut mata dalam. Untuk mendapatkan alis mata tebal yang natural bisa menggabungkan pensil alis dan bentuk bubuk. Pensil alis untuk menggambar garis sedangkan bubuk untuk mengarsir bagian dalam.
Tambahkan eyeliner di sepanjang garis mata. Bila susah tarik sudut mata dengan jari tangan kemudian aplikasikan eyeliner di sepanjang garis mata. Bulu mata palsu bisa menambah pesona mata lentik. Akhiri dengan menjepit bulu mata dan maskara untuk memberikan kesan bulu mata panjang.

Pipi

Aplikasikan blush on sambil tersenyum. Memakai blush on dimulai dari tulang pipi ke arah dalam menuju pipi yang menonjol. Teknik ini akan menampilkan pipi merona alami. Bagi pemula, blush on bubuk lebih mudah digunakan dengan pemilihan warna natural seperti pink dan orange. Blush on bertekstur krem atau gel juga mudah dibaurkan pada kulit wajah.

Bibir

Lipstik bisa disesuaikan dengan warna blush on. Atau bisa juga menggunakan warna nude atau setingkat warna bibirmu. Kamu bisa memilih lipgloss untuk efek yang berkilau.