Gaya hidup

Merokok dan minum minuman keras tentu membahayakan. Racun dan radikal bebas yang terkandung di dalamnya dapat menyerang sel-sel kulit. Racun tersebut dapat memperlambat proses regenerasi sel. Akibatnya kulit mudah kering, berkerut dan kusam. Selain itu, rokok dapat menghambat pasokan darah ke seluruh tubuh.
source: http://www.dnaberita.com/tag-Lifestyle.html

Pola makan

Banyak orang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Diet dengan pengaturan pola makan yang tidak tepat justru akan mempengaruhi metabolisme tubuh. Tubuh membutuhkan asupan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Bila asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kurang maka dapat mempengaruhi kesehatan termasuk kesehatan kulit.
source: http://lifestyle.dreamers.id/article/39317/simak-tips-mengontrol-keinginan-makan-yang-berlebihan

Dehidrasi

Anjuran untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari memang sangat tepat. Kekurangan cairan tubuh dapat menghambat pergantian sel-sel baru. Sel-sel yang terhambat tersebut dapat membentuk garis-garis halus terutama pada wajah.
source: http://www.sridianti.com/ciri-ciri-dehidrasi-pada-kulit.html

Paparan sinar matahari

Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kulit. Namun, tidak untuk sinar matahari di atas pukul 09.00. Selain dapat membakar kulit, sinar matahari diatas pukul 09.00 juga bisa menyebabkan kerutan di wajah. Untuk menghindari sinar ultraviolet secara langsung, kamu bisa menggunakan tabir surya.
source: http://www.cantikalamiku.com/penyebab-kulit-kering-dan-bersisik-pada-wanita-indonesia/

Kurang tidur

Hindari begadang pada malam hari. Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk membentuk sel-sel baru yang rusak.
source: https://carapedia.com/wajah_tampak_menua_akibat_kurang_tidur_info5405.html

Ekspresi atau gerakan wajah

Gerakan ekspresif ternyata bisa menimbulkan munculnya keriput karena kulit mudah menipis. Seperti seseorang yang sering mengerutkan kening karena berpikir keras atau silau, membuat keningnya mudah berkerut. Orang yang mudah tertawa akan membentuk lipatan sudut matanya terlihat lebih jelas.
source: http://carakita18.blogspot.com/2015/03/7-cara-praktis-menghilangkan-kerutan-di.html

Kebiasaan tertentu

Keriput di satu sisi bisa terjadi karena kebiasaan tertentu. Seperti tidur menyamping dan pipi menempel pada bantal. Orang yang suka minum dengan sedotan otot bibirnya akan mudah tertarik ke depan.
source: http://www.tobasatu.com/2015/03/02/minum-dengan-sedotan-bikin-wacah-cepat-keriput/

Kesalahan kosmetik

Kesalahan kosmetik bisa menimbulkan munculnya keriput di usia dini. Kandungan bahan kimia yang terdapat di dalamnya sangat berbahaya bagi kesehatan terutama kulit. Pilih kosmetik dengan bahan kimia yang memang sudah teruji secara klinis. Kenali juga jenis kulitmu agar lebih teliti dalam menentukan produk kosmetik.
Hati-hati dengan produk kosmetik dengan harga murah karena biasanya mengandung bahan kimia berbahaya. Perhatikan juga tanggal kadaluarsa untuk setiap produk kosmetik yang dibeli. Bila kulit wajah telah mati atau rusak hal ini akan menimbulkan garis-garis halus pada wajah.