Jerawat seringkali muncul karena hormon, pola makan yang tidak sehat, kotoran dan paparan sinar matahari yang menyebabkan timbulnya jerawat. Kamu bisa memanfaatkan rempah-rempah yang ada di rumah untuk membuat scrub sendiri. Berikut 7 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat:

Garam

Garam salah satu bumbu dapur yang paling mudah dicari. Garam ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa, lho. Campuran air dan garam bisa digunakan sebagai scrub wajah untuk menghilangkan jerawat. Caranya campur seperempat sendok garam dan segelas air hangat. Kemudian masukan kapas ke dalamnya. Letakkan kapas pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama satu menit.
source: http://www.kantorberitaindonesia.com/2014/11/3-perawatan-wajah-terbaik-dengan-garam.html
Garam dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada wajah berjerawat. Bisa juga menambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam air garam. Garam dan lemon mengandung mineral dan anti bakteri yang dapat membantu meremajakan kulit serta menghilangkan jerawat. Tekstur garam yang sedikit kasar bisa dimanfaatkan untuk pengelupasan sel kulit mati.

Jahe

Jahe tidak hanya digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan masuk angin. Jahe dikenal dapat meningkatkan nafsu makan, meredakan nyeri, dan anti radang. Dari segi kecantikan, jahe efektif menghilangkan jerawat. Elemen anti radang yang terdapat pada jahe dapat mengurangi bengkak dan merah pada wajah berjerawat. Penyebab jerawat bisa beraneka ragam salah satunya adalah bakteri. Jahe termasuk antibiotik alami sehingga efektif menghilangkan jerawat akibat bakteri.
source: http://skin.co.id/jahe-bahan-alami-untuk-mengatasi-jerawat-dengan-efektif/
Caranya, ambil jahe secukupnya kemudian cuci bersih dan kupas jahe. Parut jahe yang telah dibersihkan. Sebelum memulai sebaiknya bersihkan wajah dengan air hangat, lalu letakkan jahe yang telah diparut pada wajah berjerawat. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air. Air jahe juga ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat.

Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya berkhasiat menghilangkan jerawat tapi juga bekas jerawat. Kandungan allicin yang terdapat di dalamnya bersifat anti jamur sehingga efektif sebagai penghilang jerawat. Caranya, haluskan atau parut bawang putih kemudian oleskan pada wajah berjerawat. Bawang putih merupakan antioksidan kuat yang bisa menimbulkan iritasi dan peradangan jika tidak digunakan dengan benar. Oleh karena itu, bawang putih tidak dianjurkan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.
source: http://selingkaran.com/news/read/931/2015/08/manfaat-bawang-putih-untuk-kesehatan-tubuh/

Baking Soda

Baking soda berkhasiat membasmi jerawat dan mengurangi radang. Campurkan 2 sampai 3 sendok baking soda dengan air hangat hingga membentuk pasta. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada wajah seperti menggunakan masker. Pijat lembut wajah dengan gerakan melingkar agar baking soda meresap.
source: http://www.doctoroz.com/slideshow/best-beauty-uses-baking-soda
Masker baking soda dapat membuka pori-pori, mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Untuk perawatan maksimal, kamu bisa melakukannya seminggu sekali. Baking soda merupakan exfoliant alami yang berguna untuk pengelupasan bekas jerawat, menghilangkan lapisan kulit mati, serta membuka lapisan kulit baru.

Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Kunyit mengandung anti bakteri yang bisa mengurangi jerawat. Sebaiknya gunakan kunyit bubuk agar lebih mudah ketika diolah. Campurkan kunyit bubuk dengan susu dan air mawar. Kemudian oleskan pada jerawat dan diamkan sampai mengering. Setelah selesai bilas dengan air. Lakukan perawatan terus hingga jerawat meletus untuk menghilangkan bekas jerawat.
source: http://www.metroterkini.com/berita-12810-tiga-manfaat-kunyit-putih-untuk-kecantikan-wajah.html

Gula Merah

Masker gula merah dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada kulit. Gula merah juga mudah didapat dan penggunaannya aman untuk kulit. Caranya hanya dengan menghaluskan gula merah kemudian campur dengan air. Oleskan masker gula merah tersebut pada wajah. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air dingin. Gula merah mampu mengangkat kotoran bahkan dari pori-pori sekalipun.
source: http://baliolnews.com/meraih-sehat-dengan-gula-merah/

Kayu Manis

Biasanya kayu manis dimanfaatkan sebagai aroma minuman seperti es campur atau setup pisang. Namun, ternyata kayu manis juga ampuh untuk mempercantik kulit wajah. Sebagai ramuan dari luar tubuh yang aman digunakan untuk menghilangkan jerawat. Perawatan wajah terbukti ampuh bila dilakukan secara rutin. Masker kayu manis bisa dilakukan berulang kali dengan penyimpanan di tempat yang aman seperti kulkas.
source: http://manfaatnyasehat.com/manfaat-kayu-manis/
Cara membuat masker kayu manis pertama, haluskan kayu manis. Bisa juga dengan menambahkan madu dan diamkan beberapa saat hingga tercampur. Kemudian, oleskan pada wajah yang terinfeksi jerawat. Kayu manis juga bisa digunakan sebagai lulur badan.