Ubi jalar ada berbagai jenis, salah satunya ubi jalar putih, merah dan ungu. Namun kandungan vitamin di dalam ubi jalar merah lebih banyak dibandingkan ubi jalar putih. Tekstur ubi jalar merah lebih berair dan kurang manis dibandingkan dengan ubi jalar putih. Ubi Jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram sedangkan ubi jalar merah 9900mkg (35967 SI). Semakin pekat warna jingganya makin tinggi kadar betakarotin sebagai bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh.
Selain kandungan gizi betakarotin, warna jingga pada ubi jalar juga mengandung kandungan senyawa Lutein dan Zeaxantin, pasangan antioksidan Karotenoid. Lutein dan Zeaxantin memiliki peran penting untuk menghalangi proses perusakan sel. Zat gizi lainnya dalam ubi jalar merah adalah Kalium, fosfor, mangan dan vitamin B6, dan vitamin C.
Dengan mengkonsumsi ubi jalar merah yang sudah direbus memenuhi 42 % anjuran kecukupan vitamin c sehari. Ubi Jalar merah lebih kaya serat dibandingkan oatmeal, mengkonsumsi ubi jalar merah 2-3 kali seminggu sangat baik untuk tubuh, jika dikonsumsi dengan kulit ubi jalar merah ini akan menghasilkan lebih banyak serat.
source: http://www.nytimes.com/
Ada banyak sekali khasiat dari merah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jika Beautynesian mengkonsumsi dengan rajin ubi jalar merah ini, kandungan kalium dalam ubi merah dapat memangkas 40% resiko penderita hipertensi terserang stroke, dan membantu menurunkan darah tinggi sebanyak 25%.
Nah silahkan kamu menikmati ubi jalar merah ini, sambil memupuk manfaatnya untuk kesehatan, ya.