1. Tidak Mencuci Tangan


Biasakan mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah. Ini sangat penting agar kalian tidak terbiasa menyentuh wajah dalam kondisi tangan yang kotor. Cuci tangan sebelum kita mengusapkan sabun pada wajah, ya.
source: https://gigaom.com/2013/04/04/surgical-gaming-and-handwashing-police-5-blueprint-health-startups-to-watch/
Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat membersihkan wajah adalah membiarkan tangan Anda dalam kondisi kotor. Jika Anda tidak mencuci tangan sebelum mencuci wajah, sama saja dengan Anda tidak membersihkan wajah dengan benar. Dengan kondisi tangan yang kotor, semua kotoran, minyak dan bakteri di tangan dapat dengan mudah pindah ke wajah Anda. Oleh karena itu, mencuci tangan terlebih dahulu adalah hal yang penting ketika membersihkan wajah.
source: http://wolipop.detik.com/read/2014/04/14/102246/2554095/234/6-kesalahan-saat-mencuci-wajah-yang-buat-kulit-jadi-berjerawat

2. Salah Memilih Facial Wash


Sebelum membeli produk facial wash, kenali dulu jenis kulitmu. Jangan salah termakan iklan dan memilih produk wajah untuk kulit kering, padahal wajahmu berminyak. Kesalahan fatal ini bisa berakhir dengan masalah kulit, lho.
source: http://ozyhairandbeauty.com/en/skin-care/
Facial wash yang baik adalah pembersih wajah yang menghilangkan kotoran dan bekas make up, tanpa menghilangkan kelembaban dan sel-sel kulit yang masih sehat, serta pastinya cocok dengan jenis kulit kamu. Namun tidak jarang wanita keliru dalam menggunakan facial wash, sehingga menyebabkan kulit wajahnya menjadi kering atau bahkan iritasi. Maka dari itu, pilihlah sabun yang memang cocok untuk jenis kulit wajahmu. Untuk jenis wajah kering, sebaiknya gunakan facial wash yang berbentuk krim dan mengandung pelembab yang tinggi. Sementara bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan facial wash yang mengandung busa dan berbentuk gel.
source: https://blog.tokopedia.com/2014/09/9-kesalahan-yang-sering-kamu-lakukan-saat-mencuci-wajah/

3. Terlalu Sering Mencuci Wajah


Semakin sering membersihkan wajah bukan berarti semakin baik hasilnya bagi kulit wajah. Jadi, hindari mencuci wajah lebih dari dua kali sehari jika memang tidak diperlukan.
source: http://filantropikum.com/mossunk-vagy-ne-szappannal-arcot/
Tidak peduli apa jenis kulit yang dimiliki, membersihkan wajah terlalu sering adalah hal yang tidak baik bagi kulit wajah. Selain merusak wajah, mencuci muka terlalu sering juga dapat membuat kulit iritasi dan kering. Selain itu, bagi jenis kulit wajah yang berminyak, kulit bisa semakin menghasilkan lebih banyak minyak bila mencuci wajah terlalu sering. Untuk itu, bersihkan wajah dua kali dalam satu hari. Anda mungkin bisa mencuci wajah lebih dari dua kali jika kondisinya setelah berolahraga, agar kulit tidak mudah berjerawat karena keringat yang menempel.
source: http://wolipop.detik.com/read/2014/04/14/102246/2554095/234/6-kesalahan-saat-mencuci-wajah-yang-buat-kulit-jadi-berjerawat

4. Kurang Bersih Saat Membilas


Selain membersihkan wajah dengan benar, yang tak kalah penting adalah membilasnya dengan benar pula. Jangan sampai ada sisa produk pembersih wajah yang tertinggal sebelum kalian menggunakan produk perawatan lainnya. Kesalahan sepele ini bisa menimbulkan masalah wajah seperti jerawat.
source: http://www.freestockphotos.name/wallpaper/5114/water-properties-in-female-beauty-to-download-images-photography.html
Setiap kali Anda mencuci muka, cobalah perhatikan hal sederhana yang satu itu. Karena banyak dari kita sering membersihkan muka tanpa membilasnya dengan bersih. Meninggalkan sabun pada kulit dapat mengeringkan dan iritasi wajah. Hal ini sama seperti saat Anda menggunakan tisu make up untuk menghapus riasan yang digunakan. Hal ini tampak seperti cara yang mudah untuk menghapus riasan saat Anda merasa lelah atau sedang terburu-buru. Tapi tahukah Anda kulit masih tetap perlu dibilas setelahnya untuk menyingkirkan sisa riasan yang benar-benar belum terangkat.
source: http://wolipop.detik.com/read/2014/04/14/102246/2554095/234/6-kesalahan-saat-mencuci-wajah-yang-buat-kulit-jadi-berjerawat

5. Menggunakan Handuk Kasar


Stop kebiasaan mengeringkan wajah dengan handuk kasar. Hal ini bisa menyakiti kulit wajahmu. Pastikan juga handuk yang kalian pakai untuk mengeringkan wajah adalah handuk bersih, untuk menghindari berpindahnya kuman ke wajahmu.
source: http://www.estarguapas.com/15105-desmaquillate-con-microfibra
Salah satu kesalahan yang paling sering kita lakukan adalah mengeringkan dan menggosok wajah dengan handuk setelah mencuci wajah. Hal tersebut hanya akan membuat mengalami iritasi serta cepat keriput dan kehilangan elastisitasnya karena tertarik oleh handuk. Cara terbaik untuk mengeringkan wajah adalah dengan menepuk-nepuknya secara lembut dengan menggunakan handuk bersih. Selain itu, hindari menggunakan handuk yang sama dengan handuk mandi untuk wajah. Sebaiknya siapkan handuk khusus untuk mencuci wajah.
source: https://blog.tokopedia.com/2014/09/9-kesalahan-yang-sering-kamu-lakukan-saat-mencuci-wajah/

6. Lupa Pakai Pelembab Setelahnya


Pelembab sangat penting untuk melindungi wajahmu dari kotoran yang mungkin menempel sebelum melakukan aktivitas. Penggunaan setelah mencuci wajah akan menambah efektifitas dari produk pembersih wajah.
source: http://www.sheknows.com/beauty-and-style/articles/1036187/ways-you-should-update-your-skin-care-routine
Salah satu kesalahan perawatan kulit yang sering diulang adalah melewatkan pelembab setelah mencuci muka, terutama saat udara dingin. Udara dingin akan membuat kulit kering, itu sebabnya diperlukan pelembab.
source: http://www.suara.com/lifestyle/2014/11/17/091659/7-kesalahan-saat-mencuci-wajah
Hindari hal-hal di atas dan rasakan perbedaannya pada wajahmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!