source: http://isee-ato.com/skin-exfoliation-a-must-for-smoother-healthier-skin/
1. Cegah Jerawat Sejak Awal
Pencegahan lebih baik daripada mengobati. Cara menghilangkan bekas jerawat adalah mencegah jerawat sejak awal pembentukannya. Semua itu dapat dicapai dengan perawatan kulit yang tepat, seperti: menghapus makeup setiap kali sebelum mencuci wajah dengan pembersih yang mengandung asam salisilat agar pori-pori bersih dan kulit mampu bernapas, serta menghindari kotoran menumpuk yang menyebabkan jerawat itu sendiri.
2. Lakukan Eksfoliasi Kulit (Pengelupasan Kulit)
Kamu bisa membuat sendiri scrub lembut untuk eksfoliasi kulit. Caranya, campurkan satu sendok teh baking soda dengan pembersih wajah favorit kamu. Butiran halus dari baking soda tidak akan terlalu kasar pada kulit, sehingga bersih dan bersinar dalam waktu singkat. Lakukan gerakan melingkar di seluruh area wajah karena bisa melancarkan sirkulasi darah di area tersebut.
3. Waspadai Radang
Terlanjur mengalami peradangan kulit dengan ditandai kemerahan di sekitar bekas jerawat? Untuk meminimalisirnya, gunakan masker wajah. Pilih krim masker yang mengandung lidah buaya, licorice, teh hijau, dan gandum. Bahan-bahan tersebut juga mengandung antioksidan yang membantu meringankan peradangan kulit, mengurangi kemerahan, dan membantu menyamarkan jerawat.
4. Retinol dan Kortison Dengan Resep Dokter
Kortison dan retinol dapat mendorong pembentukan kolagen dari dalam tubuh, yang begitu penting dalam perawatan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat karena bisa membuat kulit terlihat sehat dan awet muda. Beberapa produk yang mengandung bahan-bahan ini yang bisa dibeli di pasaran. Namun sebelum membeli produk yang mengandung dua bahan tersebut, sebaiknya kamu tetap membelinya dengan saran dan resep dari dokter ahli. Karena, para ahli mengetahui kadar dan dosis anjuran pemakaian yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita.
Baca selengkapnya...
source: http://www.honeyassociation.com/

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat

1. Madu & Minyak Zaitun
Sebagai masker kamu bisa menggunakan masker madu 1-2 kali setiap minggu. Selain madu, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang sudah lama ada di kulit wajahmu. Minyak zaitun bukan saja melembabkan kulit namun juga dapat bermanfaat mengusir bakteri dan sel-sel kulit mati, menyegarkan wajah dan menyamarkan noda-noda hitam serta bekas jerawatnya.
Baca selengkapnya...
2. Lemon / Jeruk Nipis
Dengan kandungan vitamin C-nya, lemon dapat membantu regenerasi kulit. Agar lebih efektif, pertama-tama bersihkan dulu bagian kulit dengan air hangat. Setelah kulit sudah tidak basah, oleskan sari lemon atau jeruk nipis ke kulit dengan bantuan kapas. Kemudian, biarkan selama 10 menit. Setelah 10 menit, kulit dapat dibilas. Tapi ingat, lemon tersebut dapat membuat kulit menjadi sensitif jika terkena matahari, jadi jangan sampai kulit terkena paparan sinar matahari setelah melakukan ini.
3. Kunyit
Kunyit merupakan exfoliator alami kulit yang baik sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan kunyit dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama, yaitu dengan meminum kunyit tersebut sehingga menjadi pengobatan dari dalam. Yang kedua, kunyit dapat dibuat menjadi masker dengan mencampurnya dengan air, kemudian gunakan pada bekas jerawat di punggung untuk mengurangi bekas luka. Lakukan dengan teratur.
4. Kulit Jeruk
Cara menghilangkan bekas jerawat di punggung selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Kali ini, mungkin prosesnya akan lebih lama dari bahan-bahan sebelumnya. Pertama-tama, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari, setelah kering, tumbuk hingga menjadi bubuk halus. Setelah itu, tambahkan air ke bubuk kulit jeruk tersebut. Oleskan pada kulit lalu biarkan kulit jeruk tersebut sampai kering. Kulit jeruk memiliki kandungan retinol yang berperan untuk mempermudah kulit melakukan regenerasi sel-sel baru. Selain itu, kulit jeruk juga membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Vitamin C yang juga terkandung dalam kulit jeruk dapat berguna untuk menyamarkan bekas luka sehingga kulit tidak lagi belang karena bekas jerawat.
5. Kayu Cendana & Air Mawar
Bubuk kayu cendana dapat pula digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Disarankan untuk mencampur bubuk kayu cendana dengan air mawar. Setelah bercampur, gunakan pada kulit dan biarkan semalaman. Barulah di pagi hari dapat dibilas. Bubuk kayu cendana mengandung antimikroba yang dapat membantu memudarkan bekas luka jerawat. Bubuk kayu cendana ini dapat mengeringkan kulit sehingga lebih baik dipakai di bagian kulit yang tidak terlalu sensitif.
6. Nanas
Buah nanas hanya perlu diolah sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya ampuh menghilangkan bekas jerawat, ternyata nanas juga bisa digunakan untuk menyamarkan kulit yang belang, menjadikan kulit lebih rileks, dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Pertama, Kamu membutuhkan 100 gram buah nanas mentah yang sudah diparut, 50 gram mentimun parut, dan satu sendok makan madu asli. Jika semua bahan telah tersedia, campurkan parutan nanas dan mentimun serta madu ke dalam satu tempat, kemudian aduk hingga teksturnya berubah menjadi kental. Setelah itu, usapkan adonan masker pada seluruh bagian wajah, sambil berbaring, agar tetap rileks. Tunggu selama kurang lebih 20-30 menit, hingga masker mengering. Setelah masker kering, bersihkan sisa masker di wajah, dan bilas dengan air dingin.
Dengan menggunakan masker nanas untuk menghilangkan noda bekas jerawat secara rutin, tentunya akan membantu sel kulit meregenerasi membentuk sel kulit yang baru. Noda hitam bekas jerawat akan sirna dalam waktu yang cukup singkat.
Baca selengkapnya...
Kamu juga dapat menggunakan berbagai jenis bahan herbal seperti tomat, pepaya, madu, ataupun lidah buaya sebagai alternatif untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Selain bermanfaat dalam menghitamkan rambut, lidah buaya juga banyak digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Lidah buaya berperan dalam melakukan regenerasi pada sel kulit mati atau yang mengalami kerusakan. Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat tanpa noda yang menghitam.
Baca selengkapnya...
source: http://makeupandbeauty.com/how-to-trick-yourself-into-drinking-more-water-every-day/

Terapkan Kebiasaan Baik

1. Perbanyak Minum Air Putih
Minum air putih sebanyak 6-8 gelas per hari dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Hal tersebut dapat mengurangi dampak menyebarnya bekas jerawat yang tertinggal.
2. Tidur Cukup dan Teratur
Stres dan kurang tidur adalah pemicu munculnya jerawat. Dengan tidur yang cukup, metabolisme tubuh menjadi teratur sehingga kesehatan kulit wajah akan terjaga.
3. Konsumsi Buah dan Sayur
Bukan rahasia umum kalau buah dan sayur mengandung banyak vitamin. Vitamin E yang terkandung dalam buah dan sayur dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.
4. Jangan Menyentuh Wajah
Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor salah satu penyebab munculnya jerawat dan bekas jerawat.
5. Rutin Membersihkan Wajah
Membersihkan wajah secara teratur terlebih setelah memakai makeup dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Cobalah rutin membersihkan wajah sebelum tidur dengan air bersih yang mengalir, dan lihat hasilnya.
6. Jauhkan Rambut dari Wajah
Rambut dapat menjadi sarang bakteri dan minyak yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat bila terkena wajah. Jadi lebih baik mengikat atau menjepit rambut kamu. Selain terlihat rapi, wajah akan bebas dari jerawat dan bekasnya.
Baca selengkapnya...