source: http://postimg.org/image/lwus7o1vh/
1. Diet Gigi
Maksudnya adalah menghindari makanan atau minuman yang selama ini menyebabkan gangguan noda atau plak pada gigi. Hindarilah sejumlah minuman seperti anggur atau teh hitam yang sebenarnya bisa menodai gigi. Berhentilah merokok jika selama ini semakin banyak noda bekas tembakau atau nikotin. Cara aman dan sehat untuk membersihkan gigi adalah dengan menyantap apel setiap hari.
2. Membersihkan Gigi
Gigi kusam dan bernoda bisa saja disebabkan oleh lidah. Lidah yang jarang dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri atau tumpukan kotoran. Nah, bersihkanlah dengan menggunakan sikat gigi khusus atau alat yang memang dikhususkan untuk membersihkan lidah.
3. Menyantap Makanan Pembersih
Salah satu contohnya sudah disebutkan di atas, yaitu buah apel. Nah, ada banyak jenis makanan cemilan yang bisa difungsikan untuk membersihkan gigi, seperti popcorn, seledri, dan wortel.
4. Berkumur Dengan Sari Apel
Manfaatnya sangat bagus untuk kesegaran dan kebersihan gigi. Setelah berkumur dengan sari apel, kamu bisa melanjutkan dengan menggosok gigi.
5. Menggosok Gigi Dengan Baking Soda
Lakukanlah cara ini setiap minggu sekali. Baking soda akan membantu membersihkan noda dan memutihkan gigi. Gunakanlah seperti memakai pasta gigi, atau bisa juga menggantinya dengan garam.
6. Penyegar Mulut
Maksudnya bukan pewangi mulut yang disemprotkan, melainkan cairan yang khusus untuk berkumur. Hindari obat berkumur yang mengandung alkohol.
7. Membersihkan Gigi Dengan Benang
Membersihkan gigi dengan benang ternyata sangat efektif untuk memutihkan gigi dan membersihkan kotoran-kotoran yang terselip. Kamu bisa melakukannya di waktu senggang, atau sebelum tidur. Cara ini terbukti lebih mampu membersihkan setiap noda yang tak bisa dijangkau oleh sikat gigi.
8. Waktu Membersihkan Gigi
Menurut pakar kesehatan gigi di Ochsner Health Center, New Orleans, Kathleen W. Wilson, M.D, ada dua waktu krusial bagi yang ingin memutihkan gigi. Yaitu saat malam hari dan pagi hari. Di malam hari, air lidah akan mengering. Cairan lidah kerap menyebabkan plak atau karang gigi. Jadi, dengan menggosok gigi dan berkumur di malam hari akan mengurang risiko tersebut. Sementara itu, di pagi hari, gosoklah gigi untuk membersihkan plak dan bakteri yang menumpuk selama tidur di malam hari.
Baca selengkapnya...
9. Gunakan Warna Lipstick yang Sesuai
Warna lipstick yang kamu gunakan pada bibir dapat mempengaruhi kesan warna gigi. Jangan sampai hanya karena kamu salah menggunakan warna lipstick, gigimu malah terlihat lebih gelap. Jika kamu memiliki gigi yang cenderung kekuningan, coba lipstick dengan warna berry, undertone birunya akan menimbulkan kesan gigi putih. Jika warna gigimu keabu-abuan, pilih bronze shade.
10. Hindari Kopi dan Teh
Kopi dan teh dapat meninggalkan noda kekuningan pada gigi. Keasyikan mengonsumsi kopi di pagi hari atau ketika berkumpul bersama teman-temanmu terkadang membuatmu lupa bahwa hal tersebut dapat mengurangi warna putih pada gigi. Minumlah air atau jus buah sebagai gantinya.
11. Menggosok Lidah dan Mengganti Sikat Gigi
Gantilah sikat gigi setiap 2 bulan sekali, atau ketika ujung bulu sikat sudah mulai tidak lurus. Bulu sikat yang sudah usang tidak mampu membersihkan gigi secara maksimal seperti ketika bulu sikat masih baru. Akibatnya, bakteri tidak akan berkurang secara maksimal. Bakteri yang terakumulasi pada rongga mulut dapat membuat warna putih gigi memudar. Begitu juga dengan pembersih lidah. Bersihkan lidah secara teratur dari bakteri. Hal ini selain agar nafas segar, juga agar kebersihan rongga mulut selalu terjaga.
12. Berkumur Setelah Mengonsumsi Makanan Asam
Buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan lemon mengandung asam yang dapat merusak enamel gigi. Semakin tipis lapisan enamel gigi, maka semakin mudah gigi ternoda sehingga warnanya pun semakin mudah memudar. Jika kamu harus mengonsumsi jeruk atau lemon, berkumurlah setelah makan agar cairan yang bersifat asam tersebut tidak menempel pada gigi terlalu lama.
13. Konsumsi Sayuran
Tak hanya baik untuk tubuhmu, mengonsumsi buah dan sayuran juga bisa memutihkan gigi, lho. Mengonsumsi kacang-kacangan, wortel mentah, apel, dan kembang kol dapat membersihkan gigimu. Sayuran tersebut mampu mengangkat plak dan noda yang menempel pada lapisan gigi.
14. Kunjungi Dokter Gigi
Kamu juga bisa meminta bantuan dokter gigi untuk memutihkan gigimu. Dokter akan memberi hidrogen peroksida 35% pada gigimu selama 15 menit. Metode ini akan menghasilkan gigi putih yang dapat bertahan selama 6 bulan hingga satu tahun. Memang harganya lumayan mahal, namun untuk kamu yang menginkan hasil instan, cara ini bisa kamu coba.
Baca selengkapnya...
source: http://www.mirror.co.uk/news/uk-news/brushing-your-teeth-survey-shock-1425905

Cara Tepat Menggosok Gigi

Menggosok gigi dilakukan dua kali sehari. Cara menggosok gigi yang baik adalah: posisikan sikat gigi 45 derajat, bagi ruang gigi menjadi 4 bagian; atas kanan, kiri kanan, atas kiri, bawah kiri. Kemudian sikat setiap bagian selama 30 detik sehingga total adalah 2 menit setiap kali menggosok gigi. Sikat gigi secara vertikal, dari atas ke bawah. Penyikatan secara horizontal akan menghilangkan email gigi dan perlekatan papilla gusi.
Pilihlah kandungan dalam pasta gigi yang pas untuk gigi kamu. Ada yang bisa memutihkan, ada juga yang menguatkan. Bahkan kini banyak pasta gigi untuk gigi sensitif.
Baca selengkapnya...
source: http://nutrition.about.com/od/fruitsandvegetables/ss/How-Many-Cups-of-Vegetables-Do-You-Need-Per-Day.htm

Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

1. Makan Buah dan Sayuran yang Renyah
Contohnya apel, pir, dan wortel. Cara kerjanya seperti sikat gigi alami dan pemutih gigi.
2. Kulit Jeruk
Mengandung pemutih lembut tanpa merusak lapisan email gigi. Caranya gosokkan kulit jeruk segar bagian dalam ke gigi.
3. Stroberi
Kandungan buah strawberry yang berkhasiat memutihkan gigi adalah asam malat. Asam ini bekerja mengikis noda pada gigi.
4. Kenari
Kenari yang dilembutkan bisa mencegah perubahan warna gigi dan membantu dalam menjaga bakteri gigi.
5. Biji Pinang
Bakar biji pinang hingga gosong kemudian haluskan hingga lembut. Gosokkan bubuk biji pinang ke seluruh permukaan gigi, gunakan kain katun untuk menggosok. Lakukan 2 minggu sekali.
6. Cuka Apel
Celupkan sikat gigi ke dalam cuka apel. Kemudian gosok gigi seperti biasa. Jangan menyikat gigi terlalu lama, lalu bilas dengan air bersih.
7. Daun Salam
Jemur 5-6 lembar daun salam sampai kering, remas hingga menjadi bubuk, tambahkan kulit jeruk yang telah dihaluskan atau sudah menjadi bubuk. Setelah tercampur rata, lalu gosokkan ke gigi secara rutin setiap hari.
Baca selengkapnya...
8. Air
Peran air di dalam mulut adalah untuk membersihkan gigi dari kuman dan bakteri yang menempel di gigi. Biasakan minum air tawar sesudah makan untuk mencegah menempelnya plak ke gigi.
9. Nanas
Nanas dapat menghapus noda pada gigi. Hal ini berkat kandingan enzim yang disebut bromelain yang dapat menghapus plak yang berpotensi menyebabkan masalah kerusakan gigi.
Baca selengkapnya...