Bibimbap yang Kaya Sayuran

Bibimbap diambil dari kata bibim yang artinya campur atau aduk, sedangkan bap adalah nasi. Bibimbap terdiri dari 5 sayuran dengan warna yang berbeda, yaitu jamur shiitake, zucchini, wortel, tauge, lobak dan rumput laut. Red pepper paste serta telur mentah turut disajikan di dalam mangkuk. Sesuai dengan komposisi tersebut, bibimbap yang terdiri dari sayur-sayuran dan telur akan menambah asupan serat serta protein yang dibutuhkan tubuh. Selain sehat, makanan ini juga cukup mengenyangkan. Kamu dapat menemukan bibimbap dengan mudah disetiap restoran khas Korea, baik di Indonesia maupun di luar negeri.
source: http://www.theguardian.com/lifeandstyle/wordofmouth/2013/nov/18/bibimbap-korean-dish-comfort-food
It's considered important to have at least five different colour toppings on the rice, for nutrition and aesthetics.
source: http://www.theguardian.com/lifeandstyle/wordofmouth/2013/nov/18/bibimbap-korean-dish-comfort-food

Kimchi Jjigae atau Sup Kimchi

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa kimchi hanyalah salah satu side dish yang disajikan pada saat jamuan makan masyarakat Korea. Namun, pada kenyataannya kimchi juga bisa dimasak dengan berbagai macam variasi, salah satunya dengan dijadikan sup. Sup kimchi terbuat dari kimchi yang dilapisi oleh minyak wijen kemudian direbus dengan tahu lembut atau tofu, mie khas korea, dan tuna, serta berbagai macam sayuran lainnya hingga mendidih. Rasanya yang asam pedas memberikan sensasi yang menyegarkan, serta membuat badan lebih sehat dan hangat. Maka tak heran jika sup kimchi sering dikonsumsi pada saat cuaca sedaang dingin atau malam hari.
source: http://travel.cnn.com/seoul/eat/40-foods-koreans-cant-live-without-054198/
Despite the stew's debt to kimchi, you know it has come into its own when it's served with kimchi as a side dish.
source: http://travel.cnn.com/seoul/eat/40-foods-koreans-cant-live-without-054198/

Sup Tulang Sapi atau Seolleongtang

Makanan khas Korea berikutnya yang termasuk daftar makanan sehat adalah sup tulang sapi. Walaupun terbuat dari tulang sapi, makanan ini tergolong sehat karena proses memasaknya yang direbus. Sehingga, tidak menambah kolesterol dan kebutuhan lemak bagi tubuh tercukupi dengan baik. Selain terdiri dari tulang dan daging sapi, sup ini juga ditambahi lobak sebagai asupan serat. Memasak makanan ini membutuhkan waktu yang sangat lama, karena tulang sapi harus direbus selama berjam-jam agar mendapatkan kaldu yang lezat. Sup tulang sapi bisa dikonsumsi kapan saja, baik makan malam atau sarapan dengan tambahan nasi dan kimchi. Jika kamu sedang berwisata ke Korea, sempatkan untuk mampir ke restoran khusus yang menyajikan sup tulang sapi ini.
source: http://listverse.com/2011/04/23/top-10-korean-foods-you-have-to-try/
When you boil the bones you can also add a large piece of beef and radish which you slice and add to the soup at the last minute. While this is a great winter soup it is also delicious in summer.
source: http://listverse.com/2011/04/23/top-10-korean-foods-you-have-to-try/

Kue Chiffon Green Tea

Setelah menikmati makanan yang segar dan sehat, tak ada salahnya untuk menikmati kue yang terbuat dari green tea atau matcha sebagai hidangan penutup yang tak kalah sehat. Selain menambahkan bubuk green tea ke dalam adonan kue, yogurt juga ditambahkan ke dalam adonan sehingga kue semakin lembut ketika disantap. Green tea yang yang terdapat dalam kue tersebut mengandung antioksidan yang dapat mengurangi sel kanker, kolesterol, dan resiko penyakit jantung. Selain lezat, kue ini juga tidak memiliki banyak kalori karena hanya menggunakan sedikit gula.
source: http://koreanfood.about.com/od/snacksanddesserts/r/Green-Tea-Cake-Recipe-Nokcha-Cake.htm
There has been some research that shows green tea's potential to fight cancer, heart disease, high cholesterol, diabetes and dementia. It has also captured the attention of the makers of diet supplements and weight loss experts, who claim green tea has fat-burning and metabolism-boosting powers.
source: http://koreanfood.about.com/od/snacksanddesserts/r/Green-Tea-Cake-Recipe-Nokcha-Cake.htm