Gunakan Moisturizer dan Primer

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, mungkin kamu cenderung tidak menggunakan moisturizer karena takut wajah akan semakin berminyak. Faktanya adalah, apapun jenis kulit yang kita miliki, kulit ini tetap membutuhkan moisturizer, yang membedakan hanyalah jenis moisturizernya. Pilihlah moisturizer bertekstur gel karena lebih ringan daripada cream yang mudah membuat kulit semakin berminyak. Setelah menggunakan moisturizer, aplikasikan primer yang mengandung formula anti kilap pada wajah dan kelopak mata. Fungsi dari primer adalah membuat makeup tetap "duduk manis" diwajah.
source: http://www.xovain.com/makeup/long-lasting-makeup-tips-for-oily-skin
If you're oily, I avoid primers that have light-reflecting properties or are formulated to be ultra-hydrating; these tend to work better for people with drier skin and can make you look shinier.
source: http://www.xovain.com/makeup/long-lasting-makeup-tips-for-oily-skin

Pilih Foundation yang Tepat

Setelah mengaplikasikan primer, gunakanlah foundation yang cocok dengan jenis kulitmu. Bagi kulit berminyak, pilihlah oil-free foundation atau foundation dengan hasil akhir matte. Aplikasikan foundation tersebut dengan sponge atau beauty blender yang telah dibasahi air. Fungsi dari menggunakan sponge atau beauty blender yang sudah sedikit dibasahi adalah untuk menambah kelembaban pada kulit, serta menyerap minyak berlebih pada kulit dalam waktu yang bersamaan. Gunakan sponge atau beauty blender dengan cara ditepuk-tepuk dengan cepat agar foundation dapat mengisi celah pori-pori yang membesar.
source: http://www.makeup.com/oily-skin-makeup-tips
The Beauty Blender is great for oily skin because it blends and presses the product into the skin, but also dilutes the product with water, adding hydration and wiping any excess oil away.
source: http://www.makeup.com/oily-skin-makeup-tips

Manfaatkan Bedak Tabur dan Jauhi Highlighter

Setelah meratakan foundation ke seluruh wajah, gunakanlah bedak tabur atau translucent powder. Hal ini bertujuan untuk membuat makeup tidak "luntur" karena produksi minyak pada kulit. Taburkan bedak dengan menggunakan brush agar hasilnya lebih merata dan tidak terlalu tebal. Setelah meratakan bedak, gunakanlah bronzer atau blush on yang bertekstur bedak. Jika kamu menggunakan bronzer atau blush berjenis cream, maka hanya akan menambah kilap pada kulit wajah sehingga terlihat lebih berminyak. Jangan lupa pilih bronzer dan blush yang sesuai dengan tone kulit agar terlihat lebih natural.
source: http://www.allure.com/beauty-trends/blogs/daily-beauty-reporter/2012/06/makeup-tips-for-oil-skin-tips.html
After you have applied your makeup, top with a powder. Look for the words "mattifying" or "matte finish." Once again, shimmery powder will probably transform into a preteen girl's swirly, glittery unicorn poster on your face within a few hours. Let the dry- and normal-skinned ladies use it, and we can secretly be uber jealous.
source: http://www.allure.com/beauty-trends/blogs/daily-beauty-reporter/2012/06/makeup-tips-for-oil-skin-tips.html
Untuk tips terakhir, hindari penggunaan highlighter. Karena, highlighter memiliki manfaat untuk menambahkan kilap pada wajah sehingga terlihat lebih bersinar. Jika kulit kamu berminyak, highlighter adalah musuh kamu karena akan membuat wajah semakin mengkilap dan berminyak. Jika sewaktu-waktu dalam beberapa jam wajah sudah berminyak, gunakanlah oil absorbing paper untuk menyerap minyak.