Bagi sebagian orang, diet masih dianggap sebagai sebuah penderitaan bagi tubuh, dan juga bertentangan dengan hati. Mengapa demikian? Karena masih banyak yang beranggapan bahwa diet berarti mengerem menikmati makanan favorit. Tapi jangan khawatir, berikut tips untuk menjalankan diet sehat. Tidak hanya menyehatkan tubuh tapi juga menyehatkan mental kamu. Penasaran? Simak tips lengkapnya seperti dilansir oleh www.helpguide.org. Makan sehat bukan tentang diet ketat penuh keterbatasan, meninggalkan makanan favorit, ataupun mengurangi porsi makanan. Sebaliknya, diet adalah tentang perasaan yang besar, memiliki lebih banyak energi, meningkatkan prospek keberhasilan kamu, dan menstabilkan suasana hati kamu. Jika kamu merasa kewalahan oleh semua nutrisi yang harus dikonsumsi dan segala nasehat diet yang bertentangan dengan hati nurani, kamu tidak sendirian.
Dengan menggunakan tips sederhana dibawah ini, kamu dapat menghilangkan kebingungan dan juga dapat belajar cara merancang diet yang nikmat, bervariasi, dan tentu saja sehat, baik bagi tubuh maupun bagi hati kamu.

Bagaimana Makan Sehat Mempengaruhi Kesehatan Mental dan Emosional?

Makan yang tepat dapat membantu kamu mempertahankan berat badan yang sehat dan menghindari masalah kesehatan tertentu. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko terjangkit penyakit gangguan kesehatan mental seperti ADHD, penyakit Alzheimer, dan skizofrenia, atau dalam peningkatan risiko bunuh diri pada orang muda.
Makan lebih banyak buah dan sayuran, memasak sendiri makanan di rumah, dan mengurangi asupan lemak dan gula kamu. Di sisi lain, dapat membantu untuk meningkatkan mood dan menurunkan risiko kamu untuk masalah kesehatan mental. Jika kamu telah didiagnosis dengan masalah kesehatan mental, makan dengan baik bahkan dapat membantu mengelola gejala dan mendapatkan kembali kontrol dari hidup kamu. Sementara beberapa makanan atau nutrisi tertentu telah terbukti memiliki efek positif bagi suasana hati. Suasana hati itulah pola diet kamu secara keseluruhan yang paling penting. Berikut tipsnya :

1. Mengatur Diri untuk Sukses

Buat perencanaan diet sehat dalam langkah kecil, seperti menambahkan satu kali salad dalam menu sehari-hari. Hal itu lebih baik dibandingkan melakukan perubahan menu secara drastis, misalnya tidak makan malam. Jika perubahan kecil tersebut secara rutin dilakukan akan menjadi sebuah kebiasaan, dan kamu tentu akan terus termotivasi untuk menambahkan pilihan sehat lainnya.
Akan lebih baik jika kamu memasak sendiri makanan yang dikonsumsi, karena lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Kemudian, jangan lupa untuk minum banyak air putih. Air membantu menghilangkan racun dan sisa-sisa bahan kimia yang ada dalam produk makanan, serta menghindarkan diri kamu dari dehidrasi.

2. Moderasi adalah Kunci

Kunci untuk setiap diet yang sehat adalah moderasi. Tapi apa itu moderasi? Pada dasarnya, moderasi berarti memakan makanan hanya sebanyak yang dibutuhkan tubuh. Kamu harus merasa puas di akhir proses makan. Moderasi juga tentang keseimbangan. Apapun metode diet akan kamu percaya, kita semua memerlukan keseimbangan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral untuk mempertahankan tubuh yang sehat.
source: http://www.hidupsehat.web.id/2014/01/menu-makanan-sehat-gizi-seimbang-4.html
Gunakan waktumu. Berhenti makan sebelum kamu merasa kenyang. Otak membutuhkan waktu beberapa menit untuk memberi sinyal kenyang pada tubuh, oleh karena itu makanlah dengan perlahan-lahan. Tumbuhkan kebiasaan makan yang sehat, seperti makan di meja makan, dan tidak sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran Berwarna

Buah-buahan dan sayuran yang rendah kalori dan padat gizi, yang berarti mereka dikemas dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Usahakan untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran, sehingga secara alami membantu kamu mengurangi makanan yang tidak sehat. Satu porsi adalah setengah cangkir buah mentah atau sayuran atau apel kecil atau pisang, misalnya.
source: https://suppliersayursurabaya.wordpress.com/2015/06/page/2/
Tambahkan berries ke sereal sarapan, makan buah untuk hidangan penutup, dan camilan sayuran seperti wortel, kacang polong salju, atau tomat.

4. Konsumsi Karbohidrat yang Lebih Sehat dan Karbohidrat dari Biji-bijian

Karbohidrat yang sehat ini termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Karbohidrat sehat dicerna perlahan, membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan menjaga gula darah dan tingkat insulin stabil.
Karbohidrat yang tidak sehat adalah makanan seperti tepung putih, gula halus, dan nasi putih yang telah dilucuti dari semua dedak, serat, dan nutrisi. Makanan ini dicerna dengan cepat dan menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan energi.