Hindari Keramas Setelah Pewarnaan


Jika kamu baru saja mewarnai rambut, lebih baik tunggu dulu minimal sehari untuk mencuci rambut. Hal ini untuk menghindari warna rambut memudar. Sebaiknya, cuci rambut sebelum mewarnai rambut agar tidak perlu mencucinya lagi setelah pewarnaan.
source: http://www.girlsallaround.com/not-wanted-diying-hair/
Hindari mencuci rambut 24 jam setelah pewarnaan, ini akan mengurangi tone warna rambut sehingga hasil pewarnaan tidak maksimal.
source: http://www.femina.co.id/cantik/rambut/tip.perawatan.rambut.pasca.diwarnai/002/003/56

Pilih Produk Perawatan yang Tepat


Rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan dengan produk khusus, misalnya sampo, kondisioner, masker rambut, serum, dan produk lainnya. Semua produk tersebut telah diformulasikan khusus agar mengurangi resiko kerusakan yang mungkin terjadi, ketimbang menggunakan produk rambut biasa.
source: http://www.sitedebelezaemoda.com.br/o-que-sao-finalizadores/
Pilih produk yang disemprotkan karena lebih sedikit mengontaminasi rambut. Apabila Anda takut rambut rusak akibat setiap hari terkena produk tata rambut dan pengering rambut, sementara Anda juga menginginkan gaya rambut ikal setiap hari, coba lakukan perming atau keriting rambut. Pilih jenis ceramic perm, karena obat yang digunakan lebih aman, dan rambut gaya ikal bergelombang akan menambah volume dan mempertajam tekstur warna rambut.
source: http://www.makarizo.co.id/web/tips-rambut/495/tips-jitu-merawat-rambut-yang-diwarnai-di-rumah
Pilihlah sampo yang tidak mengandung sulfat karena dapat melunturkan warna pada rambut kita. Pastikan untuk membaca daftar kandungan yang ada di botol sampo untuk yakin apakah terdapat kandung sulfat atau tidak di dalamnya.
source: http://femaledaily.com/blog/2014/03/11/g-5-langkah-mudah-untuk-merawat-rambut-diwarnai/

Cuci Rambut dengan Air Dingin


Air panas tidak baik jika terlalu sering digunakan untuk mencuci rambut karena akan membuka kutikula rambut dan mengurangi kelembaban. Sebaiknya akhiri dengan menyiram rambut dengan air dingin untuk menutup kembali kutikula yang terbuka.
source: http://www.islandbathrooms.co.uk/blog/the-psychology-of-showering
Gunakanlah air dingin atau air dengan temperatur ruangan, karena dapat membantu untuk menutup kutikula rambut, sehingga warna yang ada di batang rambut kita tidak cepat luntur. Selain itu air dingin dapat memberikan rambut yang berkilau alami.
source: http://femaledaily.com/blog/2014/03/11/g-5-langkah-mudah-untuk-merawat-rambut-diwarnai/

Hindari Matahari Langsung!


Terutama pada awal-awal pewarnaan, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan warna rambut cepat pudar.
source: http://www.sheknows.com/beauty-and-style/articles/963810/summer-skin-savers
Sinar matahari secara langsung juga dapat menyebabkan kerusakan rambut, seperti warna rambut menjadi kusam dan rapuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari rambut kamu dari sinar matahari secara langsung. Jika terpaksa harus berhadapan dengan sinar matahari, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelindung kepala. Payung dan vitamin rambut dapat menjadi pelindung rambut saat kamu harus berada di luar rumah saat cuaca panas.
source: https://blog.tokopedia.com/2014/10/6-cara-mudah-perawatan-rambut-berwarna/

Jaga Kelembaban Rambut


Rambut yang telah terpapar bahan kimia seperti cat rambut cenderung mudah kering dan rusak. Jadi, sangat penting untuk menggunakan produk perawatan agar kelembabannya terjaga.
source: http://phongkhamnhakhoa.blogspot.com/2014/09/mai-rang-o-au-e-am-bao-rang-eu-ep-khong.html
Rambut yang telah diwarnai cenderung lebih kering. Jadi, jangan pernah lupa untuk memberikan masker rambut setiap usai mencuci rambut untuk menjaga helaian rambut agar tidak kering dan pecah.
source: http://www.makarizo.co.id/web/tips-rambut/495/tips-jitu-merawat-rambut-yang-diwarnai-di-rumah
Memutuskan untuk mewarnai rambut artinya kita harus siap dengan konsekuensi untuk melakukan perawatan ekstra. Semoga beberapa tips di atas bermanfaat, ya!