5. Nikmati lemak sehat dan menghindari lemak tidak sehat

Sumber yang baik dari lemak sehat yang diperlukan untuk menyehatkan otak, jantung, dan sel-sel, serta rambut Anda, kulit, dan kuku. Makanan yang kaya lemak omega-3 tertentu dapat mengurangi penyakit kardiovaskular, meningkatkan mood, dan membantu mencegah demensia.
Lemak tak jenuh sangat baik untuk mendukung diet anda. Lemak tak jenuh tunggal, dari minyak tumbuhan seperti minyak canola, minyak kacang, dan minyak zaitun, serta alpukat, kacang-kacangan (seperti almond, hazelnut, dan pecan), dan biji-bijian (seperti labu, wijen). Lemak tak jenuh ganda, termasuk Omega-3 dan Omega-6 asam lemak, ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, herring, makarel, ikan teri, sarden, dan beberapa suplemen minyak ikan air dingin. Sumber-sumber lain dari lemak tak jenuh ganda yang bunga matahari pemanas, jagung, kedelai, minyak biji rami, dan kenari.

6. Mengurangi gula dan garam

Selain menciptakan masalah berat badan, terlalu banyak gula menyebabkan lonjakan energi dan telah dikaitkan dengan diabetes, depresi, dan bahkan peningkatan perilaku bunuh diri pada orang muda. Mengurangi jumlah permen dan makanan penutup Anda makan hanya bagian dari solusi gula juga tersembunyi dalam makanan seperti roti, sereal, sup kaleng dan sayuran, saus pasta, margarin, kentang tumbuk instan, makanan beku, makanan rendah lemak, makanan cepat saji, dan kecap. Ini semua menambahkan hingga banyak kalori kosong karena tubuh mendapatkan semua yang dibutuhkan dari gula alami dalam makanan.
Kurangi konsumsi gula dan garam dalam kehidupan keseharian kamu secara bertahap. Sedikit demi sedikit kurangi porsi gula dan garam yang kamu gunakan, sehingga lidah kamu akan terbiasa dengan makanan hambar nantinya.

7. Tambahkan kalsium untuk kesehatan tulang

Tubuh menggunakan kalsium untuk membangun tulang yang sehat dan gigi, menjaga mereka kuat seiring pertambahan usia, mengirim pesan melalui sistem saraf, dan mengatur irama jantung. Jika tidak mendapatkan cukup kalsium dalam diet, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang untuk memastikan fungsi sel normal, yang dapat menyebabkan osteoporosis. Kadar kalsium yang direkomendasikan adalah 1000 mg per hari, 1.200 mg bagi yang berusia lebih dari 50 tahun.
source: http://obatsakit2011.blogspot.co.id/2014/08/5-makanan-berkalsium-untuk-buah-hati.html
Sumber kalsium yang baik antara lain susu, sayuran hijau dan kacang-kacangan. Konsumsilah bahan makanan tersebut untuk kesehatan tulang kamu.

8. Konsumsi makanan berprotein

Protein memberi kita energi untuk bangun dan pergi-dan terus berjalan. Sementara terlalu banyak protein dapat berbahaya bagi orang-orang dengan penyakit ginjal, penelitian terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar dari kita membutuhkan lebih banyak protein berkualitas tinggi dari sumber selain daging merah dan susu, terutama karena usia kita.
Ganti daging merah dengan ikan, ayam, atau protein nabati seperti kacang-kacangan dan kedelai. Mengganti karbohidrat olahan dari kue-kue, pizza, dan keripik dengan ikan, biji-bijian, kacang polong, produk tahu, ayam, susu rendah lemak, dan kedelai.

9. Perbanyak serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu kamu hidup dengan tetap teratur, menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Tak hanya itu saja namun juga membantu menurunkan berat badan. Tergantung pada usia dan jenis kelamin, ahli nutrisi merekomendasikan untuk makan setidaknya 21-38 gram serat per hari untuk kesehatan yang optimal. Sayangnya, kebanyakan orang bahkan tidak makan dari setengah jumlah yang dianjurkan.
source: http://spirit.web.id/makanan-berserat-tinggi-untuk-tubuh
Bagaimana serat dapat membantu menurunkan berat badan? Serat berada di perut lebih lama daripada makanan lain sehingga membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama.
Nah, untuk mencapai hasil diet yang sukses kuncinya adalah dengan menjaga pola makan sehat.