Di zaman media sosial, tak lengkap rasanya berwisata tanpa mengabadikan momen alias foto-foto. Mulai dari foto objek hingga foto narsis. Biasanya, orang tertarik untuk berfoto karena latar belakang (background) pemandangannya bagus untuk bisa menghasilkan gaya foto kekinian. 

Di Jakarta, sejak beberapa tahun lalu diketahui punya pilihan tempat wisata foto yang Instagrammable, lho. Sebagian dari kamu mungkin baru melihatnya di media sosial atau televisi. Nah, biar enggak tambah penasaran, berikut beberapa tempat wisata foto Instagenic yang bisa kamu kunjungi demi menghiasi feed Instagrammu! 

1. Museum MACAN

Museum MACAN 
Source: http://www.pantauanharga.com/

Jika museum selama ini identik dengan koleksi benda-benda bersejarah, maka Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) adalah museum pertama di Indonesia yang menampilkan koleksi seni modern dan kontemporer baik dari seniman Indonesia maupun internasional. Museum yang digagas oleh Haryanto Adikoesoemo ini tak hanya menampilkan karya seni modern dan kontemporer yang terbatas oleh lukisan saja, melainkan seni dari berbagai medium, teknik dan instalasi. 

“Infinity Mirrored Room” adalah salah satu karya seni yang paling difavoritkan pengunjung, terutama untuk background gaya foto kekinian bersama teman, maupun gaya foto sendiri yang keren. Anyway, museum ini biasanya mengadakan pameran-pameran karya beberapa seniman ternama dalam waktu terbatas, sekitar 2 - 5 bulan sekali. Setelah itu akan berganti dengan karya seniman lainnya. Jangan lupa, jam operasional museum dari pukul 10.00-19.00 WIB, dan buka dari hari Selasa sampai Minggu. Wah, wajib dikunjungi, nih! 
 

baca juga

2. Rabbit Town

Rabbit Town 
Source: http://www.wisatakaka.com/

Rabbit Town adalah salah satu lokasi wisata swafoto di wilayah Jalan Rancabentang No.30, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Berupa sebuah rumah warna putih dengan deretan ikon kelinci di depannya, tempat ini terlihat selalu diserbu pengunjung setiap hari libur tiba. Untuk masuk ke lokasi Rabitt Town, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp25.000, kemudian harus mengisi saldo pada sebuah kartu khusus (access card) yang diberikan pihak Rabbit Town yang nantinya dapat digunakan untuk membayar beberapa lokasi wisata selfie dan beberapa makanan di dalam Rabbit town.

Destinasi wisata Bandung ini tak cuma menyuguhkan berbagai spesies kelinci lucu dan spot foto kece untuk menghasilkan gaya foto kekinian, melainkan juga terdapat wahana bermain anak, yang membuat anak-anak betah berlama-lama. Terletak di area seluas dua hektar, setidaknya ada 16 wahana permainan, berikut wahana yang ada di taman kelinci Bandung. Seru juga, ya! Jam operasional Rabbit Town buka dari pukul 12.00 WIB hingga 20.00 WIB pada hari biasa sedangkan weekend buka pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.
 

3. Moja Museum

Moja Museum 
Source: http://www.phinemo.com/

Museum bernuansa art yang berlokasi di Jl.Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan, ini dibuka pada 20 Oktober 2018 lalu dan menyajikan 14 ruang foto dan bertemakan cinema art. Masuk ke dalam Moja Museum, kamu seperti berada di dalam labirin dengan ruangan-ruangan bertema berbeda. Di ruangan pertama, pengunjung akan langsung disuguhi camilan-camilan kekinian seperti jellybean, popcorn,dan biskuit secara gratis. Hmm, tak heran ya museum cantik ini langsung diserbu oleh pencinta spot instagenik untuk mendapatkan gaya foto kekinian. 

Konon, ada beberapa peraturan yang harus kamu patuhi di museum ini, salah satunya kamu tidak bisa berputar balik ke ruang yang sudah kamu masuki sebelumnya. Kalau penasaran, museum ini buka mulai dari hari Senin-Minggu mulai pukul 11.00 siang sampai pukul 19.00 malam.
 

baca juga

4. Ice Cream World

 Ice Cream World 
Source: http://www.kumparan.com/

Well, tempat ini memang bukan museum, tapi kedai es krim yang bisa dijadikan tempat foto-foto! Dihadirkan untuk para penikmat es krim, Ice Cream World tak cuma jadi tempat untuk menikmati es krim, tapi juga akan memenuhi hasrat kamu yang suka memburu tempat yang Instagrammable. 

Kedai es krim ini terletak di daerah Kota Lama, persisnya di Jalan Suari No.8, Purwodinatan, Semarang Tengah. Tidak hanya di Semarang, Ice Cream World ternyata sudah memiliki cabang di Bali dan Yogyakarta, lho. Mulai dari ketika memasuki kedai ini, kamu bisa menemukan spot foto yang super Instagram worthy. Masih belum puas? Tenang, Ice Cream World Semarang menyediakan beragam tempat berfoto yang sempurna untuk stok foto feed Instagram kamu.

Mulai dari berfoto di dalam bathtub berisi pita warna-warni hingga dikelilingi lilin berbentuk cone es krim bisa kamu lakukan di sini. Tak cuma itu, coba buat foto yang futuristik dengan masuk ke dalam ruangan yang diterangi lampu berwarna ungu. Seru, kan? Ice World Semarang buka tiap hari Senin-Jumat dari jam 11.30-20.30 dan Sabtu-Minggu pada pukul 11.00-21.00pm. Jadi, kosongkan waktu weekend kamu untuk berlibur ke dunia es krim ya, Ladies.